Yamaha V-Ixion, Legenda Baru Raja Motor Sport

Di kategori Motor sport, Yamaha pernah melahirkan legenda Yamaha RX-King, yang digandrungi kalangan anak muda. Belakangan, dalam enam tahun terakhir, Yamaha kembali menghadirkan jagoan motor sport terbaru: Yamaha V-Ixion, yang identik dengan motor yang kencang, menyandang teknologi tinggi, dan irit. Bagaimana proses kelahiran legenda baru ini? Bagaimana penguasaan pasarnya? Sutarya, Direktur Sales PT Yamaha Indonesia Motor , menuturkannya kepada Radito Wicaksono:

Yamaha

Sejak kapan merek Yamaha V-Ixion diluncurkan? Bagaimana positioning-nya? Bagaimana situasi industrinya?

V-Ixion pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 dan saat itu menjadi motor injeksi pertama di Indonesia. Saat itu, pasar motor sport nasional belum begitu besar. Pasar motor sport saat itu masih berkisar antara 5%-7% dari total pasar motor nasional. Persentase terbesar saat itu masih dipegang oleh motor matik, disusul motor bebek. Persaingan pun belum terlalu ketat. Masih sedikit produsen yang mengeluarkan motor sport.

Bagaimana sejarah perkembangan merek tersebut? Bagaimana pasang surut merek ini?

Melihat perkembangan V-Ixion sepanjang 7 tahun terakhir semenjak pertama kali diluncurkan, kami yakin sejak awal bahwa Yamaha akan melahirkan legenda berikutnya. Sebelumnya, Yamaha sudah melahirkan legenda motor sport, yaitu Yamaha RX-King. Jika melihat perkembangan V-Ixion hingga saat ini, tentu kami yakin bahwa kami akan melahirkan legenda berikutnya, yaitu V-Ixion.

Adanya peluang di pasar motor sport yang belum secara baik digarap, kami berkeinginan untuk masuk ke pasar tersebut. Kami mulai mempersiapkan diri untuk meluncurkan V-Ixion ketika itu. Kira-kira 3 tahun kami mempersiapkan segalanya, mulai dari riset, survei pasar, pengkonsepan, dan lain-lain. Hingga akhirnya lahir lah V-Ixion di tahun 2007.

Sesuai dengan DNA Yamaha yang sporty, kencang, teknologi tinggi dan kuat, maka kami mulai mengembangkan suatu produk yang akhirnya dikenal sebagai V-Ixion. Sebagai motor sport injeksi pertama di Indonesia, V-Ixion dengan cepat meraih perhatian dari para konsumen motor di Indonesia. Ditambah dengan kualitas mesin dan model yang baik, semenjak diluncurkan pertama kali nya, V-Ixion sudah banyak diminati konsumen.

Di samping kekuatan produk, diminati nya V-Ixion di Indonesia tidak lepas dari semakin digemarinya olahraga balap motor, MotoGP, oleh masyarakat di sini. Pada ajang MotoGP tersebut, Yamaha menjadi salah satu pabrikan motor peserta yang sering meraih podium juara. Melalui pembalap seperti Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, nama Yamaha semakin terangkat. Selain itu, keinginan masyarakat untuk menunggangi motor sport seperti MotoGP pun semakin meningkat. Selera motor masyarakat Indonesia pun mulai berubah. Dan V-Ixion hadir di saat yang tepat dengan segala keunggulan yang ditawarkan kepada para konsumen.

Pages: 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)