Inovasi Layanan Purna Jual Ban Goodyear di Segmen Komersial

Produsen ban Goodyear memperkenalkan inovasi baru dalam layanan purna jual, yakni My Goodyear Tire Management Solution. Layanan ini merupakan sistem manajemen untuk ban komersial seperti bus atau truk, yang menawarkan pemilik pribadi atau pemilik armada untuk meminimalisir pengeluaran ban per kilometernya.

Booth Goodyear dalam pameran otomotif GIIAS 2016 di ICE BSD, Tangerang. Booth Goodyear dalam pameran otomotif GIIAS 2016 di ICE BSD, Tangerang.

Menurut Marketing and Product Development Director - ASEAN Commercial PBU PT Goodyear Indonesia, Imam Santoso, ban adalah penyumbang cost terbesar kedua bagi perusahaan angkutan setelah biaya untuk bahan bakar.

My Goodyear Tire Management Solution dapat memberi manfaat berupa menurunkan biaya untuk ban dan servis yang terkait. Serta data penggunaan ban yang terkait dapat dengan mudah diakses dan memungkinkan untuk memprediksi penggunaan ban, sehingga perencanaan dan pembiayaan bisnis akan lebih efisien,” ujar Imam saat ditemui di booth Goodyear dalam pameran otomotif GIIAS 2016 di Hall 2 ICE BSD, Tangerang, (18/8).

My Goodyear Tire Management Solution adalah campuran dari empat elemen utama yang dapat menghasilkan nilai tambah bagi pemilik armada atau operator dalam menggunakan ban Goodyear. Keempat elemen yang menjadi manfaat pelanggan yaitu kualitas terbaru ban Goodyear yang dikembangkan secara khusus bagi pemilik atau operator armada, ban yang terintegrasi dalam sistem manajemen, pelayanan yang ahli terkait ban dari teknisi Goodyear, serta Goodyear Authorized Retreaders, yaitu dealer resmi yang telah disertifikasi oleh Goodyear.

Imam menambahkan bahwa penjualan ban Goodyear untuk segmen komersial tidak sebesar segmen konsumer, namun secara nilai lebih besar segmen komersial karena harga ban yang lebih tinggi. Adapun menurutnya pangsa pasar Goodyear di Indonesia saat ini masih menduduki posisi tiga besar produsen ban. “Kontribusi penjualan ban untuk segmen konsumer sekitar 60% berbanding 40% untuk segmen komersial,” katanya.

Selain memperkenalkan layanan purna jual, Goodyear menunjukkan teknologi ban dengan mengusung ban konsep (concept tire) dan menampilkan sederet produk-produk di GIIAS 2016. Pengunjung dapat menemukan lebih dari 30 jenis ban konsumer dan komersial yang ditampilkan bersamaan dengan produk OTR/Farm.

Salah satu produk baru milik Goodyear yang telah diluncurkan ialah Wrangler TripleMax. Tidak hanya itu, Triple Tube dan BH03 juga dihadirkan mewakili segmen konsep ban masa depan. Goodyear menampilkan Eagle F1 Asymmetric 3 sebagai sebuah ban konsumer dengan performa teknologi terkini, dan memperkenalkan dua ban komersial untuk truk dan bus, yaitu Remington dan S200. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)