10 Film 'Franchise' Hollywood Paling Mahal

Berbicara soal industri film Hollywood dengan segala gemerlap dan ketenarannya, jenis film franchise menjadi salah satu film yang banyak mengeruk untung. Meski keuntungan harus dibagi antara studio film dengan perusahaan produksi, sepuluh film franchise ini berhasil mendulang sukses, berdasarkan data 24/7 Wall St.

Film di peringkat sepuluh adalah Spider-Man. Tiga jenis film yang mengangkat cerita tentang Peter Parker yang menjadi pahlawan karena digigit oleh laba-laba itu berhasil meraih total penjualan tiket senilai US$ 2,494 miliar. Di posisi ke sembilan adalah film Batman. Enam film yang menceritakan kisah pahlawan bertopeng itu meraup penjualan tiket sebesar US$ 2,531 miliar. Yang menarik, untuk satu film saja, 'Dark Knight' di 2008 yang dibintangi Christian bale dan Heath Ledger, berhasil meraup US$ 1 miliar.

Film di peringkat delapan adalah Transformers. Meskipun awalnya diperuntukkan bagi khalayak berusia muda, film bertema perang antara manusia dan mesin itu berhasil meraih hati berbagai kalangan. Film tersebut meraih total penjualan US$ 2,667 miliar. Di peringkat ketujuh adalah Avatar. Film ini termasuk mengguncang Hollywood karena satu
film saja, Avatar berhasil meraup US$ 2,78 miliar. Film ini termasuk franchise karena sang sutradara, James Cameron, berencana meluncurkan sekuel beberapa tahun mendatang.

Film di peringkat enam adalah The Lord of the Rings. Tiga jenis film tersebut berhasil meraup total penjualan tiket US$ 2,908 miliar. Film di posisi kelima adalah Shrek. Empat film yang dirilis dari 2001 hingga 2010 itu berhasil meraih total penjualan tiket sebesar US$ 2,954 miliar. Meskipun belum ada informasi resmi dari DreamWorks soal kemungkinan adanya film Shrek terbaru, keuntungan besar tampaknya membuat berbagai pihak menduga kemunculan Shrek di masa depan.

Film di peringkat empat adalah Pirates of The Caribbean. Awalnya, film tersebut hanya dalam tiga rangkaian. Namun, film yang mentenarkan Johnny Depp sebagai bajak laut Jack Sparrow itu berkembang menjadi empat film dengan total penjualan tiket US$ 3,72 miliar. Bahkan, film kelima akan muncul di 2013 dan keenam di 2014. Film di peringkat ketiga adalah Star Wars. Meskipun film ini tergolong 'lampau' mengingat keberadaannya sejak 1970an, Star Wars berhasil meraup US$ 4,2 miliar untuk enam film.

Film di peringkat kedua adalah James Bond. Film ini tidak hanya mengangkat karir sang aktor tetapi juga memperkenalkan kepada masyarakat soal kehidupan mata-mata yang terlihat glamor. James Bond hadir di 23 film dengan total penjualan tiket sebesar US$ 5,03 miliar. Nama-nama aktor tampan James Bond diantaranya Daniel Craig, Sean Connery, Roger Moore dan Pierce Brosnan.

Film di peringkat pertama, tentu tak asing lagi, adalah Harry Potter. Film yang diadaptasi dari hasil karya J.K Rowling itu berhasil meraup US$ 7,66 miliar. Delapan film tersebut menceritakan soal kehidupan penyihir yang berhasil menarik perhatian berbagai lapisan masyarakat.

--

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)