150 Perancang Busana Asia Ikuti Star Creation 2011 di Singapura Ha

Hampir 150 perancang busana dari 11 negara di kawasan Asia bersaing untuk memperebutkan posisi The Asia’s Next Design Star pada Star Creation 2011. Kompetisi fashion design berskala Asia ini mengiming-imingi para pesertanya dengan hadiah uang tunai dan kesempatan untuk magang dengan pengusaha fashion terkemuka F J Benjamin.

Peserta yang tahun ini hampir dua kali lipat lebih banyak dari tahun sebelumnya berasal dari Mereka berasal dari 11 negara, antara lain Thailand, Cina, Singapura, Indonesia, Malaysia, India, Filipina, Vietnam, Jepang, Myanmar dan Nepal. Adapun Indonesia diwakili oleh perancang muda Anindya Intan.

Star Creation yang diorganisir oleh Textile and Fashion Federation Singapore (TaFf) adalah bagian dari rangkaian Asia Fashion Exchange (AFX). Dan bertujuan untuk menemukan perancang busana Asia & lokal, kemudian mengubah mereka menjadi Fashion Star masa depan. Acara yang sekarang memasuki tahun kedua ini pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan keberlanjutan jangka panjang di industri fashion regional, dengan meningkatkan kemampuan serta profil dari bakat Asia di level internasional.

Kompetisi ini terbuka bagi perancang Asia yang berumur antara 16 sampai 35 tahun, dengan pengalaman minimal 2 tahun di industri fashion. Mereka diminta untuk mengumpulkan 6 rancangan yang belum pernah dipublikasikan.

“ Besarnya respon dari para peserta adalah sebuah bukti dari meningkatnya kesadaran pada Asia Fashion Exchange maupun Star Creation. Para perancang busana yang mengikuti kompetisi ini, menganggap bahwa Star Creation 2011 merupakan ajang penting yang dapat mempublikasikan karir mereka. Peserta yang berkualitas tinggi tentunya akan menunjukkan performa terbaiknya pada Star Creation 2011,” urai Juru bicara sekaligus juri dari Star Creation, David Wang .

Mr. Wang merupakan salah satu dari lima juri yang akan menilai para peserta. Dia akan digabungkan dengan Douglas Benjamin (CEO dari FJ Benjamin, Singapura), Colin McDowell (Creative Director dari Audi Fashion Festival) dan dua juri lain yang masih dirahasiakan identitasnya (akan diumumkan mendekati acara).

Kompetisi yang akhirnya akan menyisakan dua belas finalis ini akan mempergelarkan karya-karya pesertanya di Audi Gala event. Acara tersebut akan diselenggarakan di Tent@Orchard, Nge Ann City (Civic Plaza) pada 11 Mei 2011. Pada acara ini selanjutnya juga akan dipilih 3 finalis terbaik.

Para tiga finalis terbaik akan mendapatkan masing-masing uang tunai $10,000 dan juga kesempatan untuk magang selama satu tahun dengan perusahaan fashion terkemuka, F.J. Benjamin. Salah seorang dari mereka juga akan berkesempatan meraih Audi Young Designer Award, dengan total tambahan hadiah sebesar $10,000.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)