5 Vendor Jalin Kerjasama untuk Penetrasi IP Communication,

"Sudah saatnya perusahaan mulai beralih dari PABX menuju IP Communications, khususnya bagi perusahaan besar yang memiliki banyak cabang," ungkap Irfan Setiaputra, Direktur Pengelola Cisco Systems Indonesia. Menurutnya, sistem IP Communications memiliki beberapa keunggulan dibanding sistem lama yang banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia. Selain komunikasi suara, lanjutnya, sistem yang berbasiskan IP mampu melakukan komunikasi data, video dan audio pada jalur yang sama.

Dilain pihak, Country Manager Intel Indonesia, Budi Wahyu Jati mengatakan bahwa
komunikasi berbasis IP akan sangat berguna dimasa mendatang. Terlebih bagi para mobile worker yang dapat tetap melakukan pekerjaannya, kapan dan di mana saja tanpa terhalang waktu dan tempat.

Dalam kerjasama ini, Intel menyediakan teknologi Centrino untuk notebook yang
diluncurkan tahun lalu. Centrino terdiri dari tiga serangkai prosesor Intel Pentium M,
chipset seri 855 dan fasilitas koneksi nirkabel. "IP Communication dapat dijalankan
pada infrastruktur nirkabel, sehingga meningkatkan fungsi dan mobilitas dari
notebook," ungkapnya.

Dalam 2 tahun terakhir, pasar IP Communication memang menunjukkan tren yang terus meningkat. Karena alasan itulah, ke-5 vendor ini menjalin kerjasama non-eksklusif agar dapat terus meningkatkan penetrasi IP Communications di Indonesia. Namun demikian, Irfan mengatakan, kerja sama ini tidak bersifat mengikat. "Pelanggan bebas memilih, apakah mereka mau menggunakan keseluruhan teknologi ini, atau hanya salah satunya saja," ujarnya.

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)