Adakah Pergeseran Tempat Belanja?

Hasil survei menunjukkan, setidaknya dalam 6 bulan terakhir tidak memperlihatkan adanya pergeseran tujuan belanja, bahkan jumlah pembelanja di masing-masing peritel (baik hypermarket, supermarket maupun minimarket) meningkat (lihat Tabel 1). Yang terjadi adalah pergeseran pemilihan merek minimarket, supermarket atau hypermarket.

Sementara itu, bila dilihat dari frekuensi responden berbelanja, terlihat bahwa semakin besar skala ritel semakin rendah frekuensinya. Pembelanja di minimarket misalnya rata-rata 2,49 kali sebulan, sedangkan pembelanja di supermarket dan hypermarket masing-masing 1,83 kali dan 1,53 kali per bulan. Adapun  pengeluaran rata-rata setiap berbelanja di minimarket, supermarket dan hypermarket berturut-turut: Rp 120,14 ribu, Rp 147,53 ribu, dan  Rp 273,33 ribu.

Tabel 1.  PilihanTempat Belanja (%)

    

Sumber: MARS, awal Agustus 2003.

Tabel 2. Frekuensi Belanja per Bulan

    

Sumber: MARS, awal Agustus 2003.

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)