Adhi Karya Gandeng Perum PPD Sediakan Shuttle Bus di LRT City

PT AdhiKarya (Persero) Tbk., melalui Departemen Transit Oriented Development (TOD) & Hotel menawarkan salah satu solusi atas problem perkotaan di Jakarta dan sekitarnya dengan menghadirkan LRT City. Properti teranyar BUMN tersebut merupakan sebuah kawasan hunian dan komersial yang terintegrasi dan terkoneksi langsung dengan sistem transportasi massal light rail transit (LRT) Jabodebek.

LRT City mengusung konsep Transit Oriented Development dengan pendekatan pengembangan kota yang bersifat kompak, mengadopsi tata campuran (mixed-use), dan dilengkapi jaringan prasarana pejalan kaki dan sepeda. Selain LRT, LRT City juga menawarkan alternatif transportasi umum lain yang dapat menjadi solusi pengurangan kendaraan pribadi yang masuk ke Jakarta yakni shuttle bus.

Karena itu pada Maret 2017 silam telah dilakukan penandatanganan  kerjasama antara AdhiKarya dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD). Kerjasama kedua BUMN ini merupakan langkah nyata dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang meliputi dua hal yaitu kerjasama pengembangan lahan milik Perum PPD dan pengadaan shuttle bus yang akan menghubungkan setiap kawasan yang dikembangkan Adhi Karya dengan fasilitas umum lainnya.

Untuk tahap awal kerjasama tersebut, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan melakukan uji coba mulai yang dilakukan pada hari ini, 12 Desember 2017 bertempat di halaman kawasan LRT City Bekasi Timur – Eastern Green. Acara ini diresmikan oleh kepala BPTJ Bapak Bambang Prihartono dengan dihadiri oleh Direktur Utama Perum PPD Pande  Putu Yasa, General Manager Transjabodetabek Waryantini, Direktur Utama Operasional Adhi Karya Budi Saddewa Soediro dan General Manager Departemen TOD & Hotel, AdhiKarya. Amrozi Hamidi.

Shuttle bus yang notabene Bus Transjabodetabek Premium ini melayani rute dari LRT City BekasiTimur – Eastern Green menuju Grand Paragon Jl. Gajah Mada, Jakarta Pusat. Untuk trayek ini Perum PPD menyiapkan Armada dengan fasilitas premium seperti kursi menghadap depan, full AC, free WiFi, seat belt, kursi sandar dan colokan listrik.

Selain itu, LRT City Bekasi Timur – Eastern Green melengkapi fasilitas premium tersebut dengan adanya Park and ride dengan tarif parkir untuk para penumpang Rp 10.000 per hari apabila menunjukkan tiket Transjabodetabek Premium. Untuk jadwal dari rute ini di mulai dari LRT City BekasiTimur – Eastern Green pukul 05.30 WIB, 05.45 WIB, 06.00 WIB dan Jadwal dari Grand Paragon dimulai pukul 15.30 WIB, 16.00 WIB, 16.30 WIB.

Bus Transjabodetabek Premium yang dibandrol harga Rp 25 ribu per penumpang ini akan langsung masuk tol dan keluar di depan Polda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan dan demikian juga sebaliknya. “Dalam upaya memberikan kemudahan bagi penghuni kawasan LRT City, ADHI akan mengintegrasikan sistem transportasi kawasan LRT City dengan beberapa fasilitas publik lainnya. Oleh  karena itu, kami menjalin kerjasama dengan Perum PPD untuk pengadaan shuttle bus sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan LRT City memiliki pilihan moda transportasi untuk menghubungkan kawasan LRT City denganarea-area bisnis lainnya," jelas Budi Saddewa Soediro dalam keterangan yang dikirimkan ke redaksi SWA hari ini (14/12).

Diharapkan dengan perpaduan moda antara LRT dengan bus dalam kawasan ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna transportasi massal. "Dalam beberapa tahun mendatang, kawasan LRT City akan menjadi alternatif bagi masyarakat urban yang mencari hunian dengan kemudahan akses transportasi,” tambah Budi.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono turut berharap shuttle bus anyar ini diharapkan dapat memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum. "Sehingga target model share 60% angkutan umum pada tahun 2029 dapat tercapai” jelas Bambang.

Untuk masa sosialisasi, Perum PPD akan  bekerjasama dengan BPTJ, Jasa Marga, Pemerintah dan Dishub Kota Bekasi. Adapun Pande Putu Yasa selaku Direktur Utama Perum PPD menegaskan tujuan pengoperasian layanan ini merupakan salah satu bentuk peran serta Perum PPD dalam mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta khususnya. "Kami berharap pengoperasian layanan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum selain juga sebagai alternatif ataupun solusi sehingga masyarakat dapat menjadikan budaya naik angkutan umum sebagai  gaya hidup," urai Pande.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)