Akhir 2011, Icon+ Siap Rampungkan 4000 USO

Hingga akhir tahun 2011, PT Indonesia Comnets Plus (Icon+) siap merampungkan pembangunan 4000 desa berdering atau Universal Service Obligation (USO). Icon+ telah membangun 3700 dari 7.773 desa di kawasan Timur Indonesia.

Untuk membangun 3.773 desa, Icon+ menggelontorkan dana sebesar Rp 730,1 miliar. Dana tersebut sebagian besar diposkan untuk investasi billing traffic. Perseroan telah menandatangani kontrak kerjasama dengan Badan Telekomunikasi Informasi Pedesaan (BTIP) Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo)

Muljo Adji AG, Direktur Utama Icon+ mengatakan, pihaknya terus menggenjot pembangunan desa-desa yang telah ditetapkan oleh Depkominfo. Pembangunan USO setiap bulan bisa mencapai 200-400 desa, tergantung kondisi geografis. “Kami akan kerahkan beberapa tim untuk mengejar target” ujar Muljo.

Pembangunan USO di kawasan Timur Indonesia menemui banyak kendala. Seperti lokasi dan kondisi geografis desa-desa dan keamanan lingkungan. Kondisi tersebut, menurut Muljo, bisa menyulitkan tim untuk melakukan pengiriman perangkat dan instalasi. Selain itu, kebiasaan masyarakat setempat juga kerap kali menghambat pembangunan USO yang telah ditetapkan.

Icon+ memenangkan pembangunan USO paket 1 dan 2. Paket 1 terdiri dari 3.472 desa yang tersebar di Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara. Paket 2 terdiri dari 1.286 desa di Maluku Utara dan 3.015 desa di Papua dan Irian Jaya Barat. Meski molor dari deadline yang ditetapkan, kami pastikan pertengahan 2012, 7.773 desa bisa segera rampung,” jelas Muljo.

Program USO mencakup layanan suara, SMS dan internet. Icon+ menginterkoneksikan jaringan fiber optik eksisting di Jawa, Bali dan Sumatera dengan infrastruktur jaringan telekomunikasi di wilayah USO. Program USO akan menyediakan jasa akses telekomunikasi dan informatika dalam penyediaaan jaringan akses end-to-end yang memungkinkan terselenggaranya layanan telekomunikasi di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua.

Adapun tujuan program USO adalah untuk mengurangi kesenjangan informasi yang terjadi di pedesaan dengan menyediakan fasilitas telekomunikasi. Jika selama ini, masyarakat pedesaan tersebut hidup terisolasi dari dunia luar, kini USO hadir untuk menjembatani masyarakat dengan dunia di luar desa.

Sekadar informasi, Icon+ merupakan perusahaan yang bergerak dalam penyedia jasa dan layanan jaringan telekomunikasi. Anak perusahaan dari PT PLN (Persero) ini, berdiri sejak 3 Oktober 2000. Produk dan jasa yang ditawarkan oleh Icon+ mencakup ClearChannel, IP VPN berbasis MPLS, Metronet, akses internet broadband, VoIP dan aplikasi sistem perbankan. Icon+ memiliki jaringan fiber optik sepanjang 27.300 km yang terpentang di Pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Perusahaan telah menjalin kerjasama lebih dari 569 klien yang berasal dari perusahaan berskala kecil dan menengah (UMKM) dan berskala besar. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)