Aksi Frisian Flag dan Pergizi Pangan di Hari Gizi Nasional 2021

Memperingati Hari Gizi Nasional 2021, Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali bekerja sama dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia melakukan eduksi pentingnya gizi dalam webinar bertajuk #IndonesiaSiap: Peran Perempuan dalam Membentuk Keluarga Sehat dan Kuat melalui Pemenuhan Gizi Seimbang.

Webinar yang digelar bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan ini  juga menggandeng Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan untuk meningkatkan peran para ibu sebagai motor penggerak dalam meningkatkan perilaku sadar gizi di dalam keluarga.

Dalam hal kesehatan, ibu adalah tumpuan keluarga untuk kedisiplinan menjalankan 3M; memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, selain memastikan perilaku sadar gizi setiap anggota keluarga.  Sebagai tumpuan keluarga untuk pemenuhan gizi, sosok Ibu sebagai perempuan yang tangguh juga harus memperhatikan tercukupinya gizi seimbang bagi keluarganya. Hal ini diutarakan oleh Pengurus Pergizi Pangan Indonesia, Dr. dr. Lucy Widasari., M.Si yang hadir sebagai pembicara webinar. Menurutnya, para ibu dan perempuan sebagai Wanita Usia Subur (WUS) penting menjaga dan memenuhi kebutuhan gizinya sebelum dan selama kehamilan untuk mencegah kelahiran anak dengan kondisi kekurangan gizi.

“Zat gizi mikro, yaitu vitamin dan mineral, dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, mengatur aktivitas enzim, sistem imun, dan sistem reproduksi. Protein hewani tingkat penyerapannya lebih tinggi, yaitu 25% dibandingkan protein nabat.  Makanan kaya asam amino esensial yang terkandung dalam protein hewani, beberapa di antaranya adalah ikan dan susu,” ujar Dr Lucy.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. Menjelaskan, pihaknya memiliki kesamaan visi dengan FFI, yaitu kepedulian untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang makanan dan gizi, termasuk makanan dan minuman yang bergizi untuk masyarakat Indonesia.

Senada dengan hal ini, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan, Bappenas, Dr. Ir. Subandi MSc., juga menegaskan, riitme pemerintah dalam upaya perbaikan gizi tidak penah menurun, terutama di tengah pandemi. Pentingnya perbaikan gizi bahkan masuk ke dalam amanat pembangunan jangka menengah 2020 – 2024 untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing. Upaya perbaikan gizi ini merupakan investasi yang strategis dalam hal kualitas sumber daya manusia.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Fery Fahrizal, SKM. MKM, menambahkan, salah satu arah kebijakan dalam rencana pembangunan jangka menengah tahun 2020 – 2024, yaitu meningkatkan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta yang didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Dukungan juga datang dari Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan, Febrita Lustia Herman Deru. “PKK Sumatera Selatan memiliki peran penting dan siap berpartisipasi dalam aktivitas pelatihan dengan tema keluarga sehat dan kuat melalui pemenuhan gizi seimbang bersama Tim Penggerak PKK Sumatera Selatan.  Kami merasa perlu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebutuhan gizi seimbang dengan berbagai program serta kolaborasi dengan berbagai pihak. Kami menyambut baik inisiasi dari Frisian Flag Indonesia melalui kegiatan ini dan kami mengharapkan nantinya dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro menyampaikan, Frisian Flag Indonesia menyadari pentingnya peran ibu dan perempuan dalam pemulihan bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Dalam hal kesehatan, di beberapa area pandemi ini berdampak pada meningkatnya isu kekurangan gizi dalam keluarga. ” Hari Gizi Nasional 2021 menjadi momentum yang tepat bagi FFI dalam mewujudkan visi ‘Nourishing a Better Planet’ dengan memberikan edukasi literasi gizi kepada ibu dan perempuan, serta memberikan akses susu terjangkau berkualitas seperti Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta bagi keluarga Indonesia,” jelas Andrew.

Kemitraan yang telah terjalin antara FFI dan Pergisi Pangan Indonesia diperkuat dan  disebarluaskan melalui aktivitas pelatihan (training of trainers) daring kepada 1.000 perwakilan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan, serta pemberian produk Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta bagi 10.000 keluarga di area tersebut, guna mendukung peningkatan status  gizi.

www.swa.co.id

.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)