Allianz Life Bukukan Premi Rp 186,6 Miliar

Allianz Indonesia melaporkan pertumbuhan yang kuat di seluruh lini bisnisnya. Sepanjang paruh pertama 2011, bisnis asuransi syariah Allianz Life Indonesia (ALI) mencatatkan GWP Rp 186,6 miliar, sedangkan GWP Allianz Utama Indonesia (AUI) Rp 7,1 miliar. “Tahun ini, bisnis keagenan menunjukkan kinerja yang memuaskan dan untuk itu, strategi kami sampai dengan akhir tahun adalah terus mengembangkan kinerja bisnis keagenan. Kami juga memperluas kerja sama dengan lebih banyak mitra bank, baik bank lokal maupun internasional terkemuka,” ujar Handojo Kusuma, Wakil Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Tahun ini keagenan tetap menjadi jalur distribusi andalan selain jalur direct marketing Allianz. Di sisi lain, Allianz juga terus menjalin hubungan bisnis yang kuat dengan beberapa broker dan bank utama.

Didorong oleh permintaan nasabah dan peluang pasar yang besar, Allianz di Asia untuk pertama kali memperkenalkan unit bisnis syariah di Indonesia pada tahun 2006. Saat ini, produk Allianz Syariah juga dipasarkan di Saudi Arabia dan Bahrain.

Pencapain GWP bisnis syariah ALI sebesar Rp 186,6 miiar pada kuartal pertama 2011, tumbuh 17 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp 159,5 miliar. Asuransi jiwa individu memberikan kontribusi mayoritas GWP. Selama semester pertama ini, jumlah polis yang diterbitkan mencapai lebih dari 9.500 polis , sehingga total polis yang telah diterbitkan dari awal kemunculan kami adalah 80.000 polis.

Beberapa mitra dan agen bancassurance bisnis syariah Allianz di antaranya HSBC Amanah, Danamon Syariah dan mitra terbaru Allianz Syariah yaitu Bank Muamalat Indonesia, telah menunjukkan kinerja penjualan yang mengesankan selama paruh pertama 2011.

Pada asuransi jiwa individu syariah sebesar 96,14 persen dari bisnis itu berasal dari jaringan keagenan perusahaan yang solid, Allianz Star Network, sedangkan sisanya 3,86 persen didapatkan dar bisnis bancassurance. Untuk asuransi kesehatan individu syariah, 98 persen dari bisnis tersebut diperoleh dari bisnis agen dan sisanya dari penjualan langsung.

Allianz Utama Indonesia, yang memasarkan properti, kendaraan bermotor, asuransi rekayasa (engineering), pengangkutan dan aneka mencatatkan total GWP Rp 7,11 miliar, mengalami pertumbuhan 15 persen dibandingkan pencapaian periode yang sama tahun sebelumnya Rp 6,18 miliar. Pertumbuhan dilaporkan di hampir seluruh lini bisnis Allianz Utama Syariah. Bisnis aneka (casualty) mencatatkan pertumbuhan tertinggi Rp 118,2 juta berkat adanya upaya peningkatan fokus dari beberapa mitra bisnis untuk menggarap produk ini yang mulai bekerja sama dengan agen perjalanan atau travel agent. Posisi kedua ditempati oleh bisnis pengangkutan (marine cargo) yang melaporkan pertumbuhan 56 persen menjadi Rp 253,1 juta dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun lalu, Rp 161,8 juta. Pertumbuhan sebesar 39 persen dan 31 persen didapatkan masing-masing dari bisnis rekayasa (engineering) dan properti.

Pertumbuhan di hampir seluruh lini bisnis adalah tanda bahwa produk kami dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Melalui produk-produk yang kompetitif dan dukungan kuat dari mitra usaha dalam penjualan, kami berupaya untuk terus mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dan kepuasan nasabah terhadap pelayanan Allianz tetap menjadi prioritas ,” tambahnya.

Asuransi kendaraan bermotor memberikan kontribusi 38 persen dari total GWP, sedangkan asuransi properti dan rekayasa memberikan kontribusi masing-masing 29 persen dan 28 persen. Asuransi pengangkutan dan aneka juga melengkapi portofolio bisnis tersebut. Bisnis keagenan memberikan kontribusi 46,3 persen dari total GWP divisi syariah Allianz Utama, sedangkan bisnis dari broker dan lembaga keuangan & lainnya memberikan kontribusi masing-masing 22,5 persen dan 31,2 persen.

Pada semester kedua tahun ini, AUI juga akan mengeksplorasi lagi potensi bisnis di daerah seperti Bandung, Semarang, Balikpapan dan Surabaya, menggandeng broker bisnis langsung untuk meningkatkan penjualan dan broker reinsurance guna meningkatkan kapasitas penjaminan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)