Amazon Ikut Ramaikan Pasar Tablet

Amazon, toko online yang memicu permintaan untuk alat baca elektronik Kindle, dikabarkan ikut meramaikan pasar komputer tablet. Amazon akan memperkenalkan tablet layar sentuh bewarna sebelum Oktober.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh pihak yang tidak disebutkan namanya oleh The Wall Street Journal. Tablet itu akan berkompetisi dengan tablet populer iPad milik Apple dan perangkat lain yang memiliki spesifikasi yang sama. Sumber informasi yang familiar dengan keberadaan produk itu mengungkapkan tablet Amazon akan berukuran 9 inci dan memanfaatkan sistem operasi Android dari Google.

Perangkat tersebut tentu akan melampaui kemampuan Kindle karena memungkinkan konsumen memutar musik, film dan konten lain, termasuk buku, yang diunduh (downloaded) dari Amazon.com. Amazon dikabarkan tidak mengembangkan produk itu sendiri, selayaknya Kindle, tapi bekerja sama dengan pabrik di Asia. Sayangnya, Amazon menolak memberikan konfirmasi kabar dari The Wall Street Journal.

Sebenarnya, rumor keberadaan tablet Amazon sudah muncul selama hampir satu tahun ini. Beberapa pihak melaporkan bahwa perusahaan yang berbasis di Seattle itu bermitra dengan pabrik Samsung di Korea Selatan untuk memproduksi perangkat tablet. Sayangnya, CEO Amazon Jeff Bezos menolak untuk memberikan informasi soal spekulasi ini. Sat ditanya oleh Consumer Reports pada Mei lalu terkait kemungkinan Amazon meluncurkan tablet, Bezon hanya meminta masyarakat untuk menanti.

β€œKetiadaan kamera memang mengecewakan namun kabar ini menjadi pertanda bahwa keinginan Amazon untuk berkompetisi di tablet merupakan cara bersaing dengan Barnes and Noble yang sukses memperkenalkan e-reader Nook Color seharga US$ 250,” kata Devindra Hardawar dari VentureBeat. β€œIni akan sangat menarik. Apalagi, Apple tampaknya akan meluncurkan versi baru iPad sebelum akhir tahun,” kata MG Siegler dari TechCrunch.

Selain itu, Amazon dikabarkan akan merilis dua versi terbaru Kindle dalam kuartal ketiga tahun ini. Yang menarik, perangkat itu lebih murah, layar sentuh dan memiliki fitur yang lebih baik daripada pendahulunya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)