Anda Adalah Kantor. Berinvestasilah di Kantor Itu!

Kini, 10 tahun kemudian, semua sudah berubah. Konsumen sudah mafhum bahwa mereka adalah aset yang layak diasuransikan. Namun, sebagian lainnya mulai berpikir, asuransi bisa membebani, dan faktor asuransi bisa mengubah aset menjadi liabilitas. Maka aset ini harus bisa di-?eksploitasi? agar tidak menjadi beban. Kini slogannya berevolusi menjadi: You are the office. Invest in yourself.

 

Sangat mustahil mengatakan hal itu 10 tahun lalu. Kini, pembaca bisa berimajinasi: artikel yang Anda baca ini diketik di PDA dengan keyboard lipat seukuran bungkus rokok, dikirim ke printer sebesar kotak tisu via Bluetooth, tercetak dan dilipat, dimasukkan ke amplop lalu dikirim ke redaksi. Ini baru separuh dari pertunjukan teknologi mobile office. Lain kali saya berniat mengirimnya dari puncak gunung.

 

Teknologi komputer berkembang pesat: makin kecil, canggih dan bisa dibawa jalan-jalan sebagai ?kantor? yang berfungsi lengkap. Di tahun 1990-an Micheal Hawley peneliti di Media Lab, unit riset di Massachussetts Institute of Technology, mengerjakan Project Things That Think. Tujuannya membuat komputer kecil yang bisa ditempel atau dikenakan di tubuh. Prinsipnya, komputer harus bisa diinstal di arloji,  sabuk,  sepatu olah raga, penjepit dasi, dan lain-lain. Di Media Lab juga dirintis komputer mikro bagi tubuh agar saat dua orang bersalaman, mereka tak hanya secara verbal bertukar nama, tetapi juga secara elektronik saling memberikan jutaan kode informasi mengenai diri mereka, hobi, profesi serta minat masing-masing. Banyak yang menertawakan Hawley. Apa kata Hawley? Evolusi sebuah komputer mainframe sebesar traktor menjadi PC di atas meja sudah cukup meyakinkannya: PC masih bisa diperkecil lagi! Kini hanya Hawley yang bisa tertawa. Hasil kerjanya telah dipatenkan dan diproduksi oleh kalangan industri hi-tech hari ini dengan harga terjangkau!

 

Dengan PDA berfungsi lengkap dan smart phone, serta infrastruktur telekomunikasi nirkabel yang lumayan baik di Jakarta ini, praktis kita bisa menjadi kantor maya. Dengan alamat kantor http://www... dan kotak surat bambang@blablabla.com, ?kantor? kita sudah eksis. Transaksi keuangan cukup dilakukan secara online dengan fasilitas Internet banking. Rapat dengan klien dilakukan di kafe-kafe dengan ruang rapat mininya. Malah banyak kafe melengkapi servisnya dengan hot-spot, yakni fasilitas jaringan nirkabel Wi-Fi untuk para pengguna PDA atau laptop.

 

Komputer telah memicu evolusi besar-besaran terhadap definisi ?kantor?.  Dari sebuah ruang segi empat, kantor berubah jadi unit independen yang bergerak ke sana-sini Pendek kata, hambatan ruang dan waktu diperkecil, tapi jaringannya diperbesar.

 

Mari kita belajar dari India yang meskipun dipenuhi potret kemiskinan di kota-kota besarnya, tapi  justru dibanjiri oleh para profesional muda yang mengandalkan perangkat digital mini untuk menjalankan bisnis mereka. Sebuah PDA lokal berbasis Palm dikembangkan di Ahmedabad dengan harga murah, dan dipakai oleh para petani teh, tembakau, kedelai dan kapas untuk berkoneksi via jaringan Internet pedesaan yang disubsidi pemerintah lokal. Setiap hari mereka memantau harga-harga komoditas dunia untuk menyesuaikan nilai kompetitif komoditas mereka vis-?-vis harga pasar global. Dengan kondisi seperti itu, jangan harap kita ataupun pemerintah bisa mengibuli para petani dengan harga komoditas yang ?disangga-sangga?.

 

Manajemen bisnis berbasis komputer takkan pernah berhenti berevolusi. Banyak wirausahawan muda melihat peluang ini. Para pembaca pun bisa ikut menyelami samudra kantor maya yang begitu luas. Bila Anda seorang profesional seperti pengacara, dokter, arsitek ataupun konsultan keuangan, Anda adalah aset yang dibidik oleh para produsen kantor maya. Tugas Anda hanya menginvestasikan sebagian penghasilan Anda untuk membeli prasarana komputer dan komunikasi, serta belajar mengoptimalkan fungsi-fungsinya. Anda bukan sekadar otak yang berjalan, tetapi juga kantor yang berjalan-jalan. Klien bisa menemui Anda  kapan dan di mana saja,  dengan cara bagaimanapun. Dan yang penting, Anda telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi evolusi mobile office milenium ketiga, kantor yang tidak menimbun sampah kertas dokumen, yang tidak memboroskan listrik dan logistik, serta tidak perlu menyewa office boy atau cleaning service. Anda pun tak perlu mengeluarkan uang untuk sewa kantor atau bayar pajak bumi dan bangunan. Namun jangan lupa, Anda tetap harus membayar pajak penghasilan Anda.

 

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)