Apotheker Tersingkir, Meg Whitman 'Ratu Baru' HP


Hewlett-Packard Co mengumumkan mantan CEO Ebay, Meg Whitman sebagai presiden sekaligus CEO terbaru perusahaan, menggantikan Leo Apotheker. Whitman merupakan ahli dunia ritel internet dengan track record campur aduk sehingga menimbulkan pro kontra di kalangan analis.

Meg Whitman yang pernah mengajukan diri sebagai gubernur California, namun gagal, berhasil mengubah eBay dari sebuah perusahaan dengan segelintir karyawan di 1998 menjadi perusahaan ritel internet papan atas. Meskipun beberapa kebijakan, termasuk akuisisi Skype, menimbulkan kritikan di kalangan pemain Wall Street. Whitman menggantikan Apotheker yang dianggap gagal memimpin HP selama 11 bulan. “Seseorang mungkin mengatakan bahwa Meg Whitman bukanlah orang yang tepat. Dia bukan perempuan keras. Namun, HP membutuhkan seseorang yang mampu menentukan arah,” ujar Kevin Hunt, analis Auriga.

Whitman dianggap berperan besar dalam membangun eBay yang kini bernilai US$ 40 miliar. Dia memelopori dunia e-commerce di lingkup bisnis kecil, namun sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir masa jabatannya, Whitman tidak mampu menekan jatuhnya penjualan dan overpaid Skype Technologies, setelah perang penawaran dengan Google dan Yahoo. Whitman bergabung di dewan HP setelah gagal menjadi Gubernur California, tahun lalu.

Ini sangatlah aneh bagi saya untuk melihat seseorang yang bekerja 30 tahun di pasar konsumen menjadi sosok yang tepat dalam memimpin perusahaan teknologi yang berkecimpung di dunia enterprise,” ujar Dana Stalder, analis di Matriz Partners, Palo Alto. Whitman juga dianggap belum mampu menjalankan perusahaan 'sebesar' HP. Pasalnya, HP memiliki nilai lebih dari US$ 126 miliar di tahun fiskal 2010, 14 kali lipat dari nilai eBay. Beberapa nama yang dianggap pantas memegang tampuk kepemimpinan HP adalah Chief Enterprise HP, Dave Donatelli dan Kepala Divisi PC HP, Todd Bradley.

Tekanan untuk melepaskan Apotheker di tubuh perusahaan memanas sejak 18 Agustus, saat Apotheker mengumumkan perombakan besar-besaran berupa akuisisi Autonomy senilai US$ 10,3 miliar serta kemungkinan untuk deinvestasi bisnis PC. Apotheker juga melepaskan bisnis tablet webOS dan smartphone, lima bulan setelah mengumumkan rencana sitem operasi khusus di semua divisi komputer perusahaan.

Karena sikapnya yang blunder, Apotheker terpaksa menerima payout minimum sebesar US$ 7,2 miliar, berdasarkan salinan kontrak kerja milik Securities and Exchange Commission. Ia juga menerima opsi kepemilikan saham.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)