Bakrie Telecom Gandeng Qualcomm's dan Gramees Luncurkan Aplikasi 'Usahaku'

Bakrie Telecom, Qualcomm’s Wireless Reach dan Grameen Foundation sepakat untuk memperkuat semangat wirausaha masyarakat Indonesia dengan mengembangkan pemanfaatan teknologi. Mereka memperkenalkan paket aplikasi “Usahaku” yang berisi beragam jenis fitur yang dapat diunduh (download) dan diaktifkan sesuai kebutuhan pengguna.

Aplikasi pertama yang dibangun adalah “Jual Pulsa” dan akan segera dilanjutkan dengan “Info Kerja”. Berbagai aplikasi dalam paket aplikasi Usahaku dapat diakses dan digunakan melalui beberapa tipe Hape Esia. Saat ini Bakrie Telecom telah meluncurkan tipe Hape Esia Fun (Hape Olive seri C55) yang diperkenalkan awal Juni lalu dan Hape Esia Fun To Go (Hape Olive seri C52). Keduanya memiliki aplikasi Usahaku didalamnya. Dalam waktu dekat akan ada beberapa tipe ponsel Esia yang bisa mengakses aplikasi ini.

Peluncuran paket aplikasi Usahaku merupakan bagian dari komitment kami bertiga untuk terus membantu peningkatan taraf hidup masyarakat Indonesia melalui pemanfaatan teknologi yang tersedia dan terjangkau. Kami awali dengan Uber Esia dan kini kami kembangkan dengan aplikasi Usahaku”, ujar Anindya N Bakrie, Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk saat perkenalan secara resmi paket aplikasi ini di Jakarta kemarin.

Terdapat 3 kriteria nilai manfaat yang dapat diberikan dari hasil kerjasama ketiga lembaga ini melalui pengembangan aplikasi Usahaku. Nilai pertama adalah memberi tambahan penghasilan. Kemudian menghemat pengeluaran dan terakhir meningkatkan kualitas hidup. Awalnya komitmen sosial ketiga lembaga ini diwujudkan dalam pembentukan Uber Esia atau dikenal sebagai Usaha Bersama Esia. Tujuannya adalah untuk memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat berpenghasilan kecil atau pun terbatas dengan menyediakan sarana telekomunikasi sebagai modal usaha kecil mereka di bidang telekomunikasi.

Mereka inilah yang disebut sebagai VPO (Village Phone Operator) yang menjalankan usaha secara mandiri. Dalam pelaksanaanya di lapangan, para VPO ini mendapatkan bimbingan melalui PT RUMA (Rekan Usaha Mikro Anda), sebuah Lembaga social entreprise Indonesia yang ditunjuk oleh Grameen Foundation. “Sejak diperkenalkan di tahun 2008, perkembangan peminatnya luar biasa. Pada bulan April 2011 jumlahnya tumbuh hingga lebih dari 7.500 VPO yang melayani hampir 725 ribu pelanggan di Tangerang, Banten”, kata Anindya.

Dampak Uber Esia ini, ujarnya lebih lanjut juga sangat positif bagi kondisi ekonomi anggota VPO. “Diperkirakan lebih dari 47% VPO telah berhasil keluar dari garis kemiskinan yang ditetapkan Bank Dunia, yaitu dibawah US$ 2,5 per hari. Menariknya lagi 85% diantara anggota VPO ini adalah wanita. Mereka ternyata mampu memberikan tambahan penghasilan bagi kehidupan ekonomi keluarga,” kata Anindya lagi.

Paket aplikasi Usahaku merupakan pengembangan pertama dari project AppLab. Dalam paket ini terdapat aplikasi Jual Pulsa yang memungkinkan pengguna telepon menjalankan usaha penjualan pulsa elektronik semua operator dengan mudah, nyaman dan cepat selama 24 jam. Penggunaan aplikasi Jual Pulsa tidak dikenakan biaya, baik pendaftaran, berlangganan maupun komunikasi data. Semua gratis.

Proyek AppLab merupakan terobosan baru dan inovatif pada telepon bergerak sebagai platform layanan dan aplikasi yang khusus diciptakan untuk meningkatkan penghasilan mereka yang berada pada posisi terendah dari piramida ekonomi”, ujar Shawn Covell, Vice President Wireless Reach Initiative, Qualcomm.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)