Barclays: ‘Pertarungan Sejati’ Muncul di Cina

Perusahaan sekuritas Cina membuat terobosan di pasar investasi perbankan internasional, terlihat dari tingginya hiring cost dan persaingan ketat dalam lingkup penawaran. Mereka dianggap mampu menggembirakan pasar investasi internasional.


Pernyataan tersebut diungkapkan Eksekutif Senior Barclays Plc, Maththew Ginsburg, saat berbicara tentang kondisi ekonomi Asia kepada Bloomberg. They are very real competition. Mereka mampu benar-benar memenangkan kesepakatan dan di banyak kasus, kemenangan tersebut sangat kami sukai.” Di sisi biaya, lanjut Ginsburg, apakah mereka benar-benar mulai kompetitif untuk para talent? Pada banyak kasus, mereka benar-benar melakukan itu.

Ginsburg yang memimpin ekspansi bank investasi Barclays di Asia dan memberikan berbagai nasihat tentang penjualan saham dan merger, menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi India dan Cina yang berlangsung sangat cepat berhasil tumbuh melampaui Amerika Serikat dan Eropa. Citic Securities Co dan Haitong Securities Co berencana menjual saham di Hong Kong sebagai cara mengumpulkan uang untuk merekrut bankir dan memperluas kantor mereka di luar pasar ‘biasa’.

Perusahaan sekuritas Cina memanfaatkan Hong Kong sebagai batu loncatan untuk ekspansi di luar Cina. Apalagi, pemerintah mengharuskan bank investasi asing untuk bekerja sama dengan mitra lokal terkait saham dan obligasi penjaminan. Biaya penjualan saham pun meroket 2,2% dibandingkan tahun lalu dan menjadi titik terendah sejak 1999. Persentase itu diperkirakan tetap stabil hingga akhir 2011.

Guosen Securities Co, penjamin saham terbesar di Cina pada tahun ini, memiliki tenaga kerja dua kali liat di unit Hong Kong dibandingkan 2010 dan berencana untuk menyewa lebih banyak ruang kantor di kota tersebut, ungkap Kepala Unit Guosen Securities, Lu Xiao Ning. Di sisi lain, Goldman Sachs Group Inc yang berbasis di New York selaku penjamin tertinggi di kawasan Asia Pasifik, mengikuti jejak Morgan Stanley. Kedua perusahaan yang mendominasi Hong Kong itu bekerja sama pada 41% kesepakatan, berdasarkan nilai.

Barclays dikabarkan mencari mitra usaha patungan di Cina. Sebagian besar bank investasi global, termasuk Goldman Sachs, Morgan Stanley, Citigroup Inc dan JPMorgan Chase & Co (baik yang beroperasi atau membuat usaha patungan lokal) dapat menanggung saham dan penjualan obligasi di negara tersebut. “Hal yang paling penting yang bisa Anda lakukan adalah memberikan mitra yang benar-benar bagus kepada pemegang saham minoritas,” kata Ginsburg.

--

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)