BATIC 2012 Fokuskan Monetisasi Tren Teknologi Telko

Sebanyak 150 eksekutif puncak  dari 65 perusahaan telekomunikasi dunia hadir dalam Bali Annual Telkom International (BATIC)2012, konferensi internasional tahunan bidang telekomunikasi yang diselenggarakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom), selama tiga hari, sejak 11 Juli hingga 13 Juli 2012, di Nikko Bali Resort and Spa, Nusa Dua, Bali.
 
Konferensi yang diadakan untuk ketiga kalinya ini, sejak 2010, fokus membahas mengenai upaya memonetisasi tren teknologi telekomunikasi ke depan sebagai tema utama.  Arief Yahya, Direktur Utama Telkom,  mendampingi Muhammad Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya, Perangkat Pos,dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka acara ini, menyampaikan bahwa sebagian besar operator telekomunikasi berinvestasi di layanan mobile dan internet. Sedangkan over the top (OTT) operator seperti Google, Skype, dan Yahoo, juga memperoleh manfaat dari investasi tersebut. 

“Hal ini menjadi tantangan dan peluang tersendiri bagi operator agar dapat lebih mengoptimalkan investasinya. Manfaat lain yang diharapkan adalah tercapainya keuntungan bisnis dalam lingkup yang lebih besar,” kata Arief melalui keterangan persnya. Syarief Syarial Ahmad, yang baru menjabat satu bulan sebagai Direktur Utama Telin, menambahkan bahwa dengan mengangkat tema “Monetizing Technology Trend” pada konferensi ini, pihaknya mengajak para pelaku industri telekomunikasi untuk bersama-sama mengeksplorasi perkembangan tren teknologi dan gaya hidup menjadi peluang bisnis. “Konferensi yang ketiga kalinya ini, kami gelar untuk mempertegas posisi strategis aktif Telin dan ekistensinya di Industri telekomunikasi Internasional, khususnya kawasan Asia Pasifik,” ujar Syarief.

Pada hari pertama konferensi yang bertema “Future and Technology Trend”, terdapat tiga tema diskusi panel, yaitu mengenai “D-N-A Transformation” dengan Indra Utoyo, Chief of Information Officer Telkom, sebagai pembicara, “Top Ten Strategic Technology” dengan pembicara dari pihak Gartner, dan “The Future/ Evolution of Wholesales” dengan pembicara dari pihak Ovum.

Tema pada hari kedua adalah “Opportunity and Monetizing” di mana yang menjadi pembicara utama adalah Comscore dengan topik bahasan “Putting The Future in Focus” dan CEO Telkomsel dengan topik “Mobile Broadband”. Juga terdapat diskusi panel pada hari kedua, di mana akan diisi oleh pihak Google dengan topik “Mobile Ecosystem”, Gartner dengan topik “The Future of Application”, dan Youtube dengan topik “Mobile Video”. Sebagai informasi, sebelum  dikenal dengan nama BATIC, konferensi ini bernama Telkom Global Forum (TG Forum) yang diadakan Telin sejak 2008.     

Beberapa perusahaan dari 65 perusahaan yang hadir dalam konferensi ini yaitu, Level3, TATA Communication, Singtel, PCCW Global, Telkom Malaysia, Telstra, Cable and Wireless dan lainnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)