BI Genjot Investasi di Ekonomi Digital dan Pariwisata

Teknologi digital adalah bagian penting dalam pengembangan ekonomi dan pariwisata di Indonesia

Bank Indonesia terus mendorong investasi di Indonesia melalui dukungan terhadap pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan ekonomi dan pariwisata di Indonesia. Dukungan diwujudkan melalui kegiatan Regional Investment Forum (RIF) 2019 yang diselenggarakan pada 11 Maret 2019 di Tangerang Selatan.

RIF merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) guna mempertemukan pemerintah dan pelaku usaha dengan lebih dari 500 partisipan yang terdiri atas perwakilan pemerintah pusat dan daerah, startup, investor, regulator, dan lembaga keuangan. RIF 2019 mengangkat tema pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan ekonomi dan pariwisata di Indonesia.

Sugeng, Deputi Gubernur Bank Indonesia, mengatakan, pertumbuhan ekonomi perlu didorong oleh peningkatan produktivitas. Inovasi dan teknologi merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan produktivitas. Untuk itu, dalam mengoptimalisasi perkembangan sumber pertumbuhan ekonomi baru, Indonesia perlu mensinergikan potensi ekonomi digital dan pengembangan pariwisata.

“Pengembangan pariwisata merupakan quickwin dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan cadangan devisa. Pengembangan ekonomi digital diharapkan dapat meningkatkan produktivitas melalui inovasi dan teknologi. Pendekatan yang ditempuh BI dalam menghadapi perkembangan ekonomi digital adalah menjaga keseimbangan antara upaya menggali inovasi dan menjaga stabilitas,” tambahnya.

Dalam upaya menggali inovasi, BI akan mendorong promosi inovasi dalam ekonomi digital, menyediakan ekosistem yang mendukung pengembangan ekonomi digital, dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui ekonomi digital. Dalam menjaga stabilitas, BI akan mendorong stabilitas ekonomi tetap terjaga, mencegah tindak Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT), dan mendorong perlindungan konsumen.

Ada 5 peran BI dalam pengembangan ekonomi digital yaitu, mendorong integrasi ekonomi digital, mendorong digitalisasi perbankan, mendorong kolaborasi antara bank dan fintech, mengupayakan keseimbangan yang tepat antara inovasi dan menjaga stabilitas serta persaingan yang sehat di antara pelaku ekonomi digital, dan memastikan keamanan nasional dalam ekonomi digital.

“Ke depan, Bank Indonesia akan senantiasa mendukung langkah Pemerintah dalam mendorong perluasan investasi di Indonesia. Dalam mendorong potensi ekonomi daerah di Indonesia, Bank Indonesia turut mendorong potensi UMKM daerah dalam pameran, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan RIF 2019. Turut hadir dalam pameran tersebut, UMKM Binaan Bank Indonesia dari Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur,” papar Sugeng.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)