BNI Salurkan Rp 300 Miliar untuk UKM

BNI memberikan fasilitas kredit kepada PNM untuk diteruskan kepada usaha kecil dan mikro (UKM) sebesar Rp 300 miliar. Penandatanganan perjanjian kerjasama kredit tersebut dilaksanakan di Hotel Nikko, Jakarta, Senin (29/3) yang diwakili oleh Direktur UKM dan SyariaH BNI, Achmad Baiquni dan Direktur Utama PNM, Parman Nataatmadja.

"Kerjasama ini merupakan salah satu komitmen BNI dalam mendukung pengembangan UKM di tanah air," ujar Baiquni. Ia pun menjelaskan bahwa target PNM yang akan membuka jumlah jaringan cabang Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dilihat BNI sebagai suatu peluang.

Dalam penyaluran pembiayaan kepada usaha kecil, BNI memiliki tiga strategi, yaitu penyaluran langsung, penyaluran kepada kelompok usaha melalui perusahaan induk (pola inti plasma), dan penyaluran melalui kerjasama dengan lembaga keuangan. Untuk penyaluran lembaga keuangan, BNI telah bekerja sama dengan PT PNM, Koperasi dan BPR. Khusus untuk linkage program dengan BPR dan Koperasi, hingga akhir 2009 BNI telah menyalurkan kredit mikro melalui 1.244 koperasi dan 150 BPR di seluruh Indonesia. Dari program ini telah disalurkan kredit usaha mikro sebesar Rp 3,59 triliun kepada 338.765 usaha mikro.

Sementara itu, untuk kerjasama dengan PT PNM, tahun lalu telah disalurkan KKLK BNI sebesar Rp 85 miliar untuk diteruskan kepada usaha mikro atas binaan PT PNM. "Sehingga total fasilitas adalah Rp 385 miliar," ungkap Baiquni. Dikemukakan pula olehnya, sinergi BUMN ini maupun dengan lembaga lain yang menjadi mitra, harus tercipta keuntungan serta manfaat di antara kedua belah pihak. "Sehingga kami tetap menggunakan tingkat bunga komersil yang saat ini besarnya 13,5%," ia menjelaskan.

PNM sendiri hingga akhir 2009 telah menyalurkan biaya sebesar Rp 8,3 triliun. "Tahun ini kami inginkan tumbuh 20%," kata Parman. Untuk ULaMM minimal bertambah sebanyak Rp 1,4 triliun, dan secara keseluruhan minimal bertambah Rp 2 triliun. "Dari 1,4 triliun yang untuk ULaMM, yang sudah berkomitmen atau signing sebesar 650 miliar," ia menambahkan. . Adapun total unit ULaMM ditargetkan mencapai 270 unit di tahun ini.

Tags:
BNI PNM UKM ULaMM

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)