BPR Solution Day IBM

IBM membuktikan komitmennya untuk menghadirkan perbankan pintar dengan mengadakan IBM BPR Solution Day pada di Yogyakarta. Acara ini menyajikan solusi-solusi inovatif, terintegrasi, terjangkau, dan sesuai kebutuhan bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Indonesia.  Perkembangan BPR sangat menunjang pertumbuhan segmen UKM di Indonesia, pada akhirnya membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

BPR Solusion Day merupakan salah satu langkah IBM untuk berekspansi geografis. Ekspansi geografis adalah salah satu strategi inti pertumbuhan IBM di Indonesia dengan bekerja sama dengan pelanggan di kota-kota kecil untuk memberdayakan pelaku bisnis menuju inovasi dan efisiensi bisnis dan secara bersamaan meningkatkan layanan dan produktivitas.

Salah satu BPR yang merasakan solusi perbankan pintar IBM adalah BPR Bank Surya Yudha yang berpusat di Banjarnegara, Jawa Tengah. Berdiri pada 1992, BPR Bank Surya Yudha kini menjadi lembaga perbankan mikro terbesar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nasabahnya lebih dari 150 ribu terdiri dari pedagang kecil, pengusaha mikro, dan lain-lain. BPR Surya Yudha memiliki aset sekitar Rp 960 milyar dengan 19 cabang, 44 kantor kas dan 2 payment point.

BPR Surya Yudha menggunakan IBM Power Systems untuk mengelola jutaan transaksi data-intensif sekaligus menganalisa data tersebut secara real time. Pengelolaan ini membantu meningkatkan layanan pelanggan dan mengurangi biaya data center. Saat ini BPR Bank Surya Yudha telah mengimplementa-sikan solusi perbankan online yang terintegrasi dari PT Warna Bintang Kreasi yang dapat berjalan pada platform IBM System i. BPR Surya Yudha memiliki dua unit IBM System i520 – satu digunakan sebagai mesin produksi di kantor pusat Banjarnegara dan satu lagi sebagai sistem back-up di kantor cabang Purwokerto. BPR Bank Surya Yudha dapat meningkatkan efisiensi operasional dan pembukuannya, menyusun laporan secara lebih akurat dan dapat diakses dan dicetak oleh kantor cabang masing-masing sesuai kebutuhan. Bagian audit BPR kini juga dapat memonitor transaksi dan saldo rekening secara real-time.

BPR Bank Surya Yudha meraih predikat ‘Bank yang Sehat’ dari Bank Indonesia. Atas pertumbuhannya yang luar biasa dan penggunaan TI secara pintar, BPR Bank Surya Yudha menerima penghargaan BPR Terbaik untuk kategori Performa Bisnis dan Teknologi Informasi di Forum BPR Nasional di Asia Pacific Conference and Exhibition 2010 di Jakarta.

IBM memiliki server bertenaga tinggi dari keluarga IBM Power System server untuk lembaga keuangan skala BPR. Power Systems ini mampu mengelola aplikasi seperti business analytics dan pengolahan transaksi yang rumit, mengandalkan pengolahan sejumlah transaksi dan data besar dan secara bersamaan menganalisa informasi tersebut secara real time.

IBM juga memiliki IBM Lotus Collaboration untuk solusi Smart Work yaitu memberdayakan karyawan, mitra, dan pelanggan BPR untuk saling berhubungan, berkolaborasi, dan berinovasi sekaligus mengoptimalkan cara bekerja. Dengan Lotus, BPR dapat mendorong hasil bisnis yang lebih baik melalui smart collaboration.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)