Bukalapak Dukung Pemerintah Wujudkan Ekonomi Digital 2020

Kemajuan teknologi dan informasi di Indonesia tidak dapat dihindari, tetapi adalah suatu keharusan untuk dimanfaatkan sesuai koridornya. Saat ini pemerintah, dalam hal ini tengah berupaya untuk meningkatkan penggunaan teknologi digital bagi para pelaku UKM agar dapat mengembangkan pemasaran produk dengan cara yang lebih mudah dan kreatif. Selain untuk mengajak para pelaku UKM memanfaatkan digital dan go online, Bukalapak mendukung misi pemerintah untuk wujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital se-Asia Tenggara pada 2020.

“Banyak UKM di Indonesia yang masih harus dibimbing dan diberi edukasi untuk menghadapi berbagai tantangan seperti akses teknologi. Komunitas Pelapak Bukalapak dan Penggerak Pelapak merupakan upaya yang sangat bagus untuk mengajak para pelaku UKM melek digital dan go online,” ungkap Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia saat menghadiri perayaan ulang tahun Bukalapak ke-7.

Achmad Zaky , co-founder dan CEO Bukalapak

Saat ini Bukalapak memiliki anggota komunitas Pelapak yang tersebar di lebih dari 80 kota di seluruh Indonesia. Lewat komunitas ini, para Pelapak dapat belajar dan berkembang bersama serta saling memberi motivasi untuk meningkatkan kapabilitas dalam berjualan di platform Bukalapak. Penggerak Pelapak juga merupakan usaha dari Bukalapak untuk turun langsung ke jalan, mengajak dan mengajarkan para pelaku UKM yang masih berjualan secara tradisional agar go online.

Adanya keterlibatan UKM dalam penggunaan teknologi digital mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia. Dengan berkembangnya UKM, Industri Kecil Menengah (IKM) menjadi sektor dominan dari populasi di dalam negeri dan berperan penting sebagai salah satu penopang perekonomian nasional.

“Untuk itu, kami sedang menggalakan program e-Smart IKM, di mana kami akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku industri agar produknya dapat diperdagangkan secara digital lewat martketplace yang beroperasi di Indonesia,” ujar Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Dengan sederet pencapaian yang telah diraih oleh Bukalapak hingga tahun 2016, Bukalapak memiliki berbagai rencana, baik itu inovasi produk, kerja sama hingga perbaikan layanan. Platform online ini optimis akan mencapai nilai transaksi seperti tahun lalu, yaitu Rp 10 triliun. Sebagai tambahan, nilai transaksi per hari di tahun 2015 mencapai Rp 7 miliar, dan tahun 2016 mencetak angka Rp 50 miliar.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)