Cara Eiger Hadapi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19 PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI) melalui salah satu brand outdoor lifestyle di bawah naungannya, Eiger Adventure, menyalurkan bantuan penanganan Covid-19 melalui program Eiger Share.

Program Eiger Share dilakukan sejak bulan Maret 2020 dengan total donasi yang sudah dikeluarkan lebih dari 28.000 APD dan masih akan terus bertambah. Bantuan terdiri lebih dari 12.000 hazmat, 13.000 masker non medis, 3.000 face shield, 100-liter hand sanitizer, 500-liter disinfektan, 63 tangki disinfektan mandiri untuk 33 kecamatan di Jawa Barat, wastafel portable di 15 titik dan bantuan unit ambulan. Selain itu, rutin dilakukan penyerahan bantuan beras untuk warga Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan total lebih dari 13 ton dan 250 paket sembako.

Ronny Lukito, CEO PT Eigerindo MPI menjelaskan bahwa menjadi perusahaan yang memberi berkat bagi masyarakat dan lingkungan adalah visi PT Eigerindo MPI. “Ibu saya mengajarkan, ketika menghadapi masa sulit justru kita harus lebih banyak berbagi,” ujar Ronny. Ia menambahkan, hal ini terbukti ketika perusahaan menghadapi dan melewati krisis moneter di tahun 1998.

Pemberian bantuan dimulai dari lingkungan perusahaan dengan memberikan fasilitas rapid dan swab test kepada karyawan disertai dengan penerapan fasilitas dan protokol Covid-19 di lingkungan kerja. Dilanjutkan dengan membantu masyarakat di lingkungan terdekat dari Head Office PT Eigerindo MPI, masyarakat di lingkungan sekitar toko, dan masyarakat di Provinsi Jawa Barat.

“Bagi kami bisnis akan tetap berjalan baik jika karyawan dan lingkungan sekitar yang menjadi bagian dari ekosistem bisnis ini tetap dalam kondisi baik,” ujar Christian Hartanto Sarsono, Deputy CEO PT Eigerindo MPI.

Dalam pelaksanaannya Eiger Share bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat dan Jabar Quick Response (JQR), sehingga bantuan dapat diserahkan tepat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Harimula Muharam, GM Marketing PT Eigerindo MPI menjelaskan kerja sama dengan JQR sudah berlangsung sejak tahun 2019. Di tahun ini, Eiger Share telah menyalurkan dana bantuan tunai dan donasi yang telah diserahkan difokuskan untuk membantu masalah dengan aduan masyarakat terbanyak di Jawa Barat, yaitu pada kategori kesehatan dan bantuan sosial. Selain Jawa Barat, program Eiger Share pun telah mengirimkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) ke beberapa rumah sakit dan masyarakat di Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Strategi perusahaan untuk bertahan di tengah pandemi adalah dengan mengevaluasi bisnis model dan bisnis proses yang ada, serta menyusun Business Contigency Plan untuk menghadapi ketidakpastian bisnis di masa pandemi COVID-19.

Salah satunya dengan meningkatkan penjualan melalui platform digital, di mana perusahaan mengoptimalkan strategi O2O (online to offline – offline to online) yang menggabungkan kekuatan distribusi offline yang saat ini tersebar lebih dari 200 titik di Indonesia, dilengkapi dengan kekuatan eCommerce yang secara global diproyeksi akan berkembang hingga 20% di tahun 2020 (IBM, 2020). “Penjualan PT Eigerindo MPI di masa pandemi melalui e-commerce meningkat hingga lebih dari 3 kali lipat dibanding tahun lalu,” ujar Christian.

Di sisi lain, untuk menjawab kebutuhan pasar akan APD, Eiger meluncurkan beragam masker non-medis dan face shield yang sudah tersedia di pasaran. Dalam waktu dekat, Eiger akan mengeluarkan lini produk terbaru yaitu Eiger Protect untuk memenuhi kebutuhan APD yang lebih lengkap.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Eiger

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)