Cara Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan Ala Agen Penny

Teater Koma dan Citi Indonesia mendapat bantuan dari dua agen rahasia, Agen Penny danWill Power, dalam berbagi pengetahuan mengelola keuangan secara lebih menyenangkan dan seru kepada sekitar 80 murid SDNi Karet Kuningan 04 Petang, Jakarta Selatan.

Dua agen rahasia tersebut adalah karakter dari buku komik dan pertunjukan teater musikal berjudul “Petualangan Agen Penny” yang dibuat sebagai bagian dari program pendidikan keuangan untuk murid kelas V dan VI SD. Pada program periode 2010-2011, Agen Penny akan mengunjungi 65 SD. “Pertunjukan musik dan komik Petualangan Agen Penny bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengelola keuangan secara mendasar bagi anak-anak,” kata Shariq Mukhtar, Citi Country Officer for Indonesia.

Program Agen Penny merupakan bagian dari dukungan Citi Indonesia terhadap kampanye pendidikan keuangan “Ayo ke Bank” yang terus digalakkan oleh Bank Indonesia. Ini dilakukan Citi sebagai komitmen untuk membangun masyarakat terdidik dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui program pembelajaran untuk generasi mendatang.

Dari tahun 2007 sampai 2009, sebanyak 201 SD telah mendaftarkan diri pada program ini. Sekolah-sekolah tersebut mendapat kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan dan mendapatkan buku komik serta buku panduan guru yang berguna dalam membuka kegiatan ekstrakulikuler. Para relawan Citi Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam program ini sekaligus berbagi pengalamannya pada anak-anak.

Memasuki tahun keempat penyelenggaraannya, Agen Penny telah menampilkan sekitar 190 pertunjukan yang disaksikan oleh lebih dari 16.000 siswa dan 900 guru di seluruh kawasan DKI Jakarta.

Sejak tahun 2009, program Agen Penny juga dapat diakses melalui situs www.agenpenny-id.com, yang di dalamnya terdapat ‘zona murid’ dimana murid-murid dapat mempelajari cara membuat anggaran yang baik, di samping itu juga terdapat game dan kuis. Situs web tersebut juga memiliki ‘zona guru’, para guru dapat mengunduh buku panduan aktivitas guru, buku komik Agen Penny, dan materi pengajaran di dalam kelas. Selain itu, Agen Penny juga dapat diakses melalui jejaring sosial,  melalui akun Facebook “Agen Penny”, yang kini sudah memiliki lebih dari 1.800 sahabat (friends).

Melalui akun Facebook “Agen Penny”, para siswa dan guru dapat berinteraksi langsung dengan Agen Penny dalam bentuk percakapan di wall, atau bertanya mengenai masalah keuangan yang dihadapi oleh para siswa sehari-hari.

Komik “Petualangan Agen Penny” sendiri berisikan kisah seru Agen Penny dan Will Power yang mengajarkan tiga pengetahuan dasar keuangan, yaitu: perencanaan penggunaan uang, cara belanja dengan cermat dan kebiasaan menabung.

Komik “Petualangan Agen Penny” juga dilengkapi dengan Buku Panduan Guru yang dapat digunakan untuk keperluan kegiatan ekstrakurikuler di dalam ruang kelas. Cerita komik, buku panduan guru dan pertunjukan musikal “Petualangan Agen Penny” dirancang sedemikian rupa agar anak-anak dapat lebih mudah memahami pesan pengelolaan keuangan dengan lebih baik. Oleh karena itu, Citi menggandeng kelompok teater ternama Indonesia, Teater Koma, untuk menyadur cerita komik ke dalam sebuah pertunjukan musikal.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)