Cardig Targetkan Dana IPO Rp 184,6 Miliar

PT Cardig Aero Services Tbk. (CAS) siap melantai di bursa dengan melepas 313,03 juta saham atau 15% dari modal ditempatkan. Harga saham perdana itu ditawarkan pada kisaran Rp 350-590 per lembar saham. Alhasil, dana hasil dari initial public offering (IPO) ini ditargetkan sekitar Rp 184,6 miliar.

Karena investor sering minta diskon, maka kata Andi Sidarta, Direktur Invesment Banking PT Bahana Securities, saham itu ditawarkan dengan Price Earning Ratio (PER) berada pada kisaran 6-11 kali. Dan PER dari saham CAS adalah 9,8 kali.


Presiden Direktur CAS, Nurhadijono Nurjadin, menjelaskan dana hasil penawaran umum perdana saham itu sekitar 40,625% akan digunakan untuk perluasan bisnis katering melalui penyertaan perseroan pada PT Purantara Mitra Angkasa Dua (PMAD).

Selain itu, sekitar 40,625% akan dimanfaatkan untuk peningkatan penyertaan perseroaan pada anak perusahaan PT Cipta Anugrah Sarana Catering (CASC) untuk tambahan modal. Sedangkan sisanya sekitar 18,75% dana akan dipakai untuk mengurangi utang kepada Standard Charterd Bank.

CAS melalui anak perusahaannya yang sudah berdiri dan mempunyai pengalaman sejak 27 tahun yang lalu yaitu PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS), telah memberikan jasa ground handling dan cargo handling di mana lebih dari 25 maskapai penerbangan Internasional, 7 maskapai domestik dan beroperasi di 11 bandara Indonesia termasuk Bandara Internasional Cengkareng, Denpasar dan Surabaya. Anak perusahaan yang lain yaitu PT JAS Aero Engineering (JAE) berdiri sejak tahun 2003, bahkan telah melayani lebih dari 34 maskapai internasional dan domestik untuk jasa bengkel pesawatnya.

Perseroan yakin bahwa bidang usaha yang dijalankan saat ini mempunyai masa depan yang cukup baik mengingat adanya pertumbuhan yang cukup pesat pada industri penerbangan, terutama penerbangan domestik. Hal ini juga ditunjang dengan kondisi wilayah Indonesia yang membutuhkan penerbangan sebagai alat transportasi antar pulau. Selain itu, perseroan juga memperkirakan bahwa jasa industrial katering akan berkembang seiring dengan industri pertambangan di Indonesia, khususnya batubara akan berkembang pesat selama beberapa dekade ke depan.

Disamping pertumbuhan industri, CAS optimistis akan berkembang karena mempunyai keunggulan kompetitif, yaitu pengalaman dan track record yang cukup panjang serta didukung oleh tenaga ahli khususdalam bidangnya. Adanya hubungan baik dengan antara Perseroan dengan supplier saat ini telah memberikan kepercayaan pelanggan kepada Perseroan. Tujuan Perseroan adalah untuk menjadi perusahaan Integrated Airport Services and Food Solution Company yang direferensikan di Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)