Cargill Gelontorkan US$ 1 Juta di SEA Games 2011

Cargill serah terima instalasi pengolahan air ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk mendukung pemerintah Indonesia yang menjadi tuan rumah bagi South East Asia (SEA) Games yang akan berlangsung pada 11-22 November 2011. Instalasi pengolahan air tersebut, yang selesai pada Juni tahun ini, dibangun menyusul dilakukannya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan pada September 2010.

Didanai dan dibangun oleh Cargill dengan biaya sekitar US$1 juta, instalasi ini akan memproses dan mensterilkan air dengan metode osmosis terbalik (reverse osmosis) sebelum menyalurkannya melalui pipa untuk kebutuhan para atlet yang tinggal di desa SEA Games di Jakabaring, Palembang. Instalasi ini dapat menghasilkan dan memasok lebih dari 2.000 kubik meter air siap minum yang telah memenuhi standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setiap hari kepada para atlet SEA Games.

Sebagai bagian dari MoU tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memiliki, mengoperasikan dan memantau fasilitas tersebut selama dan sesudah SEA Games. Cargill juga akan menyalurkan air siap minum tersebut melalui pipa ke desa Talang Bubuk di kecamatan Plaju, sehingga air minum bersih tersedia bagi hampir 12.000 penduduk yang kurang beruntung di sana. Pemerintah Provinsi akan memasok air siap minum ke desa tersebut selama dan setelah SEA Games, sehingga membantu mengurangi kekurangan air minum bersih di kecamatan Plaju.

Masyarakat-masyarakat tertentu yang kurang beruntung di Palembang saat ini tidak memiliki akses terhadap air minum bersih dan hal ini menimbulkan efek yang merugikan terhadap kesehatan mereka. Tersedianya air siap minum dari instalasi pengolahan air ini akan membantu mendukung perbaikan terhadap kesehatan mereka,” kata Anthony Yeow, President Direktur PT Hindoli, perkebunan kelapa sawit milik Cargill di Sumatra Selatan.

Cargill memiliki dedikasi terhadap pembangunan berkelanjutan di lingkungan masyarakat pedesaan tempat kami beroperasi. Sumbangan instalasi pengolahan air ini semakin membuktikan dedikasi tersebut,” Yeow menambahkan.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin, mengungkapkan rasa terima kasih atas upaya baik yang dilakukan Cargill dalam mendukung SEA Games. “Kami berterimakasih kepada Cargill atas kemitraan yang luar biasa dan sumbangan berupa instalasi pengolahan air untuk SEA Games yang tepat waktu. Kami berharap di di masa yang akan datang semakin banyak perusahaan yang mengikuti jejak Cargill dan mendukung masyarakat Sumatra Selatan,” kata Noerdin.

Cargill adalah produsen dan pemasar produk dan layanan makanan, pertanian, keuangan dan industri, serta internasional. Didirikan tahun 1865, perusahaan swasta ini mempekerjakan 130.000 orang di 63 negara. Cargill membantu para pelanggan untuk sukses melalui kolaborasi dan inovasi, dan berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan dan pengalaman globalnya untuk membantu mengatasi tantangan ekonomi, lingkungan dan sosial di manapun dia menjalankan bisnis. Cargill memulai bisnisnya di Indonesia pada tahun 1974 dengan mendirikan sebuah pabrik pakan di Bogor, Jawa Barat.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)