CIMB Principal Pasarkan Produk ke Investor

Efektif per tanggal 28 Juli 2011, PT CIMB Principal Asset Management (CIMB-Principal) telah aktif kembali menjalankan kegiatan usahanya sebagai Manajer Investasi di Pasar Modal Indonesia. CIMB Principal kini dapat memasarkan produk serta membuat produk baru setelah dicabutnya pembatasan kegiatan usahaoleh Bapepam- LK.

CIMB-Principal di Indonesia merupakan perusahaan patungan antara CIMB Group dengan Principal Financial Group, yang merupakan perusahaan Global Asset Management dan salah satu pengelola dana pensiun terkemuka berkedudukan di Amerika Serikat, yang berdiri sejak tahun 1879. Sejalan dengan strategi Perseroan untuk meningkatkan bisnis ke depannya, CIMB-Principal telah menunjuk dua direksi baru yang telah memperoleh persetujuan dari Bapepam-LK, masing- masing Reita Farianti dan Agus Salim.

Reita Farianti mengatakan, dengan dana kelolaan sebesar Rp 1,7 triliun per 29 Juli 2011, CIMB- Principal akan menghimpun dana investor dari segmen institusi maupun ritel. Strategi yang diterapkan antara lain menyediakan produk-produk yang sesuai dengan imbal hasil yang baik dan persepsi risiko investor. “Untuk itu, kami akan memperkuat kerjasama pemasaran produk melalui jaringan kantor perbankan, seperti Bank CIMB Niaga, Standard Chartered Bank, Commonwealth Bank, ANZ Bank, dan mitra perbankan lainnya”, ujar Reita.

Saat ini, CIMB-Principal mempunyai tiga produk reksadana yang ditawarkan kepada para investor. Pertama, Reksadana CIMB-Principal Balanced Growth. Reksadana ini memiliki fleksibilitas yang tinggi antara efek saham dan efek pendapatan tetap sehingga dapat menghasilkan tingkat imbal hasil yang optimal dengan risiko yang terkontrol. Kinerja produk ini cukup bersaing dengan produk sejenis lainnya, terbukti dari tingkat imbal hasil enam bulanterakhir yang mencapai 13,6 % per annum (p.a.), 3 bulan terakhir sebesar 7,15 % p.a, dan 1 bulan terakhir sebesar 6,6 % p.a. (data per 29 Juli 2011).

Kedua, Reksadana CIMB-Principal Dollar Bond, yang merupakan reksadana pendapatan tetap berdenominasi US Dollar. Per Juni 2011, situs investasi independen Infovesta memberikan produk ini peringkat ”5 stars” untuk kinerja enam bulanan, dengan return enam bulan terakhir 5,58 % p.a. Sedangkan return 3 bulan terakhir 4,3 % p.a, dan 1 bulan terakhir 2,47 % p.a (data per 29 Juli 2011).

Ketiga, Reksadana Income Fund A, merupakan reksadana pendapatan tetap yang memiliki porsi saham didalam strategi investasinya. Strategi ini diharapkan dapat memberikan tingkat imbal hasil yang lebih baik dengan risiko yang tetap rendah.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)