Cina Usulkan Perdagangan Bebas Dengan Blok Amerika Selatan

Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao mengajukan usulan sebuah pakta perdagangan bebas dengan blok Amerika Selatan Mercosur yang beranggotakan Brasil, Argentina, Uruguay dan Paraguay. Selain itu dia juga menawarkan bantuan kredit sebesar US$ 10 miliar atau sekitar Rp 94 triliun untuk proyek infrastruktur di kawasan tersebut.

Seperti dilaporkan Reuter, Rabu (27/6), negara Cina akan meningkatkan perdagangan di Amerika Selatan menjadi US$ 400 miliar dalam lima tahun ke depan. "Ini merupakan tawaran pemerintah Cina dan kami akan melanjutkan penawaran ini ke sejumlah negara lain di kawasan ini,'' kata PM Wen saat berkunjung ke beberapa negara di Amerika Selatan.

Banyak negara di kawasan itu yang masih dalam tahap pembangunan dan membangun infrastruktur baru guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka. Sedangkan Cina, negara dengan cadangan devisa terbesar dunia, tengah mencari area baru untuk menginvestasikan sejumlah dananya. Di saat bersamaan, perusahaan infrastruktur Cina juga mencoba untuk memasuki pasar baru guna mengembangkan bisnis mereka. (Lila Intana/Reuter)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)