Cisco Luncurkan 2 Router Data dan Video

Cisco Systems Inc, produsen perangkat jaringan terbesar di dunia, akan memperkenalkan dua router baru yang mampu membantu operator menangani penggunaaan data dan video. Yang menarik, mesin bermodel ASR 9000 itu dapat mengirim data 25 kali lebih cepat dari mesin Juniper Network Inc.

Pernyataan tersebut diungkapkan seseorang yang tidak disebutkan namanya oleh Bloomberg. Untuk saat ini, pelanggan Cisco adalah Cox Communications Inc, Comcast Corp, Fastweb SpA dan Tata Communications Ltd. Cisco yang mengalami penurunan saham lebih dari 20% di tahun ini, tengah fokus dalam produksi router dan switches setelah muncul setidaknya 30 perusahaan pesaing yang meraup saham di pasar utama.

Operator di seluruh dunia memang tengah berjuang memenuhi permintaan masyarakat atas akses data dan video di jaringan mereka. Pasalnya, banyak penawaran nonton film streaming dari Netflix Inc dan Hulu LLC melalui perangkat smartphone, televisi yang terkoneksi dengan internet serta komputer tablet. Hingga 2014, Cisco memprediksi lebih dari 90% lalu lintas data internet konsumen dimanfaatkan untuk akses video melalui perangkat yang terkoneksi dengan internet.

Cisco yang berbasis di San Jose, California itu memimpin pasar bagi router dan switches, perangkat yang sangat dibutuhkan untuk akses internet. Perusahaan lain membeli switches bagi jaringan perusahaan. Di sisi lain, operator seluler maupun layanan internet biasanya membeli router yang lebih mahal. Pendapatan untuk produk ASR 9000 meningkat 140% di kuartal yang berakhir 30 April 2011. Synergy Research Group memperkirakan saham Cisco akan lebih dari dua kali lipat saham Juniper, pesaing terberat Cisco.

Cisco memang berambisi merebut keuntungan dari Juniper setelah CEO Juniper, Kevin Johnson mengatakan di konferensi minggu lalu bahwa penjualan paling besar di kuartal terbaru akan sama dengan akhir periode ini. Komentar tersebut membuat saham Juniper turun hingga titik terendah dalam dua tahun terakhir.

China Telecom Corp, operator seluler terbesar di dunia, mengatakan minggu lalu akan mulai memanfaatkan router ASR 9000 untuk memenuhi permintaan pelanggan atas layanan populer yaitu akses data. Operator NTT Plala Inc asal Jepang juga membeli router yang sama. Cisco yang akan mengumumkan rencana tersebut dalam waktu dekat, menolak berikan komentar.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)