Listed Articles

Daihatsu Investasikan Dana Rp 2,1 Triliun untuk Bangun Pabrik di Kerawang

Daihatsu Investasikan Dana Rp 2,1 Triliun untuk Bangun Pabrik di Kerawang

Selama bulan April 2011 Daihatsu berhasil mencapai penjualan ritel sebanyak 10.857 unit. Dengan pencapaian tersebut, total penjualan ritel selama periode Januari – April 2011 menembus angka 43.051 unit. Bila dibandingkan dengan periode Januari – April 2010, penjualan Daihatsu mengalami pertumbuhan sebesar 129%. Penyumbang penjualan Daihatsu terbesar masih dipegang oleh Daihatsu Xenia sebagai kendaraan favorit keluarga Indonesia, dengan kontribusi sebesar 51% atau 5.531 unit dari total penjualan Daihatsu.

Sementara itu, kontributor ke-2 penjualan diduduki oleh Daihatsu Gran Max sebagai produk kelas low commercial yaitu sebesar 26% atau 2.906 unit. Kontributor berikutnya adalah Daihatsu Terios mewakili produk kelas medium SUV dengan kontribusi sebesar 17% atau 1.863 unit. Selanjutnya diikuti oleh produk Daihatsu Luxio & Sirion dengan angka penjualan masing- masing sebanyak 520 unit dan 93 unit.

Penjualan Daihatsu secara whole sales untuk empat bulan pertama 2011 mengalami peningkatan sebesar 23% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, 2010. Sementara Penjualan whole sales Daihatsu bulan April 2011 hanya mencapai 8.160 unit.

Kondisi Jepang yang masih berada dalam suasana recovery akibat gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret 2011 lalu telah memberi pengaruh terhadap pasar otomotif nasional pada bulan April 2011 ini akibat terganggunya pasokan sejumlah komponen tertentu.

Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor mengungkapkan, “Akibat bencana yang terjadi di Jepang, penjualan otomotif nasional secara whole sales pada bulan April 2011 hanya di kisaran 60 ribu unit atau di bawah pencapaian bulan sebelumnya sebesar lebih dari 82.000 unit.”

Sesuai rencana PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhir bulan Mei 2011 ini akan melakukan Ground Breaking pembangunan pabrik baru di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat sebagai upaya Daihatsu untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Melalui investasi senilai Rp 2,1 triliun di pabrik baru ini kapasitas produksi ADM akan meningkat dari 330 ribu unit per tahun menjadi 430 ribu unit. Pabrik mobil Daihatsu ini diharapkan akan menjadi pabrik mobil yang menjadi aset kebanggaan bangsa Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved