Danone Aqua Dukung Pencapaian Millenium Development Goals

Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 11-13 Oktober 2011 di Jakarta, mengagendakan tiga isu penting yaitu peningkatan investasi sanitasi di 330 kabupaten/kota Indonesia tahun 2015, air minum sehat, cukup dan terjangkau untuk semua tahun 2025 dan bersinergi untuk 170 juta penduduk Indoensia lebih sehat 2015. Forum ini merupakan salah satu agenda nasional dalam rangkaian kegiatan pembangunan sanitasi dan air minum.

Saat ini 80 kabupaten/kota telah menyusun strategi strategi pembangunan sanitasi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk pembangunan air minum dan sanitasi yang efektif dan berkelanjutan. Bahkan pemerintah telah meningkatkan komitmen pendanaan untuk investasi program infrastruktur sanitasi dari Rp 2,8 triliun (2004-2009) menjadi Rp 14 triliun (2010-2014). Sedangkan pendanaan melalui APBD juga telah meningkat di 16 kota dimana rata-rata alokasi AOPBD meningkat sebesar 4%-10% dari anggaran tahun sebelumnya.

Sonny Sukada, Direktur CSR Danone Aqua, mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang air minum dalam kemasan salah satu tanggung jawb sosial Danone Aqua adalah mendukung pencapaian Mellenium Development Goals (MDGs) dengan mengembangkan program Aqua Lestari melalui pendekatan terintegrasi dalam pengelolaan sumber daya air dari hulu ke hilir Daerah Aliran Sungai (DAS) dimana operasi perusahaan berlangsung. Program Aqua Lestari telah digulirkan sejak 2006 .

Melalui program WASH (Water access, Sanitation and Hygiene) atau program air bersih penyehatan lingkungan bagi Danone Aqua menurut Sonny sebagai upaya untuk memfasilitasi penyediaan sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan serta membangun perilaku hidup bersih dan sehat demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Hingga saat ini program ini telah menjangkau 65.916 penduduk Indoensia yang tersebar di 10 Kabupaten (Brastagi, Lampung, Serang, Lido (Bogor), Klaten, Pasuruan dan lain-lain), khususnya untuk masyarakat membutuhkan di sekitar perusahaan dan wilayah lain yang mengalami krisis air bersih berkepanjangan. “Ini merupakan komitmen Danone Aqua untuk mendukung program pemerintah karena adanya kesamaan kepentingan terhadap air bersih dan peningkatan lingkungan,” tegas Sonny.

Darandono.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)