Dunamis Lakukan Profile Assessment Calon Pimpinan KPK

Untuk keempat kalinya, Dunamis Organization Services menjadi konsultan independen untuk penyeleksian calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasil akhir profile assessment terhadap 17 calon peimpinan KPK itu diumumkan ke publik pada Jumat, 5 Agustus 2011.

Seleksi tersebut dilakukan pada 2 Agustus 2011 di Sekretariat Panitia Seleksi, Kantor Kementerian Hukum dan HAM dan berlangsung dari jam 8 pagi hingga 7 malam. Metode profil yang dilakukan berupa Harrison Assessment profiling, Multidimensional Aptitude Battery Test, Focus Group Discussion dan Interview.

Tujuh belas nama calon pimpinan KPK yang melakukan uji profile assessment adalah Abdullah Hehamahua, Abraham Samad, Adnan Pandupradja, Anna Erliyana, Irjen Pol (Purn) Aryanto Sutadi, Bambang Widjojanto, Daniel Pangaribuan, Dharma Pongrekun, Egi Sutjiati, Fachmi, Gazalba Saleh, Genades Panjaitan, Handoyo Sudrajat, Brigjen Pol (Purn) Idris, Sayid Fadhil, Yunus Husein dan Zulkarnain.

Tes yang harus dijalani oleh para calon pimpinan KPK mencakup consistency test, suitability test, multi aptitude test, group test serta wawancara individu. Rangkain tes ini dilakukan untuk memenuhi kriteria profil calon pimpinan yang diminta. Seleksi yang dilakukan tidak hanya memotret para calon pimpinan KPK dari sisi kompetensi namun juga karakter pribadi mereka yang meliputi integritas pribadi, kedewasaan serta wawasan sebagai negarawan.

Seleksi pertama yang harus dijalani para calon adalah consistency test dan suitability test dengan menggunakan Harrison Assessment. Tes ini dilakukan bertujuan mengukur konsistensi dan membandingkan kesesuaian para kandidat berdasarkan sifat-sifat yang dimilik untuk menempati posisi sebagai pimpinan KPK.

Seleksi berikutnya yang dilakukan adalah Multidimensional Aptitude Battery Test yang mengukur daya tangkap, analytical thinking, kemampuan kepemimpinan, kepercayaan diri, penyesuaian diri, stabilitas emosi, tanggung jawab, daya tahan, ketekunan, achievement serta social relationship.

Tahapan terakhir yang harus diikuti para kandidat adalah wawancara yang bertujuan untuk menggali kompetensi dan karakter secara objektif. Aspek-aspek yang diukur meliputi kematangan emosi dan kepribadian, integritas, transparansi, pengambilan keputusan, kepemimpinan, inovasi dan kemampuan menganalisa.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)