EBay Perkenalkan Layanan Akses PayPal Baru

EBay Inc mencoba memikat para pengembang, pemilik merchant dan konsumen untuk memanfaatkan sistem PayPal. Perusahaan akan meluncurkan sebuah layanan yang memungkinkan masyarakat menggunakan akun mereka di berbagai toko online yang berbeda tanpa harus mendaftar di masing-masing situs.

Fitur bernama 'PayPal Access' itu akan diperkenalkan pada konferensi di San Francisco yang fokus pada platform X.commerce yang ditujukan untuk mempermudah pengembang dan penyedia merchant, ujar Anuj Nayar, juru bicara X.commerce. CEO EBay, John Donahoe sedang mencoba untuk 'menghalangi' para pesaing yang turut pula menawarkans sistem pembayaran. Donahoe berambisi memperkenalkan PayPal sebagai penganti kartu kredit. Perusahaan juga mengandalkan teknologi X.commerce untuk menarik situs e-commerce dan pengguna PayPal dengan menaawarkan kemudahan membeli dan menjual barang secara online.

Anda dapat membuat akun dimanapun Anda belanja tanpa harus memberikan informasi pribadi kepada merchant,” ujar Nayar. Dengan mengandalkan pengembang PayPal untuk menangani inovasi teknologi, para web retailer dapat membuat situs mereka lebih mudah dan fungsional tanpa harus menyiapkan sendiri. “Apalagi, para pelaku ritel tidak memiliki banyak waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk mendapatkan semua yang mereka inginkan.”

PayPal Access, di sisi lain, membutuhkan kerja sama dengan mitra ritel. Sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya, kata Nayar lagi. Saham EBay naik 53 sen atau 1,6% menjadi US$ 32,83, hari ini. Saham perusahaan naik 18% di tahun ini.

Dalam konferensi mendatang, setidaknya muncul 800 ribu pengembang yang mungkin merancang perangkat lunak untuk EBay, PayPal ataupun Magento, platform e-commerce yang membantu merchant mengatur pembayaran, inventaris dan hubungan dengan konsumen secara online. EBay mengumumkan toko aplikasi untuk sistem tersebut bernama Magento Connect, ini memungkinkan programmer menciptakan ataupun menjual piranti lunak. EBay mengakuisisi bisnis Magento awal tahun ini.

EBay juga memperbarui aplikasi RedLaser, perusahaan yang diakuisisi Juni 2010 yang memungkinkan perangkat seluler memindai barcode. Versi terbaru itu memungkinkan konsumen membayar produk mereka hanya dengan pemindaian via ponsel, kata Nayar lagi. PayPal kini memiliki 100,3 juta akun aktif di akhir kuartal kedua 2011, naik 15% dari kuartal yang sama di 2010.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)