Euro Catat Rekor Terendah Dalam 2 Tahun

Mata uang Euro terhadap US$ pada perdagangan Jumat (13/7) WIB mencatat rekor terendahnya sepanjang dua tahun terakhir. Euro jatuh di bawah US$ 1,22 dolar, terseret oleh kekhawatiran utang zona Eropa dan perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Mata uang tunggal Eropa itu mencapai US$ 1,2167 , tingkat terlemah sejak akhir Juni 2010. Tak hanya terhadap US$, Euro juga melemah terhadap mata uang yen Jepang, menjadi 96,75 yen dari 97,58 yen pada Kamis (12/7) WIB.

"Antusias awal untuk KTT Uni Eropa pekan lalu telah berubah menjadi kekhawatiran tentang memburuknya kondisi pertumbuhan global," kata analis Bank of America Merrill Lynch.

Satu-satunya harapan pelaku pasar adalah berita positif dari ekonomi China, setelah laporan-laporan keuangan Eropa dan Amerika Serikat stagnan. Pasar harap-harap cemas menunggu rilis data pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia itu di tengah kekhawatiran bahwa angka-angka mungkin datang secara tidak terduga.

Cina tumbuh 8,1% secara tahunan dalam kuartal pertama 2012, atau pertumbuhan yang terendah sejak tiga tahun terakhir. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)