Facebook Lampaui Yahoo di Dunia Iklan Web

Facebook Inc, layanan jejaring sosial terpopuler di dunia, barhasil menyalip portal web Yahoo Inc, tahun ini, dengan merebut pangsa pasar terbesar pengiklanan online di Amerika Serikat. Facebook diperkirakan meraup US$ 2,19 miliar untuk iklan online di 2011.

Pernyataan tersebut diungkapkan lembaga studi internet EMArketer Inc. Perusahaan berbasis di Palo Alto, California itu dikabarkan meraih 17,7% pangsa pasar iklan di Amerika Serikat, sedangkan Yahoo hanya meraih 13,1%. Secara keseluruhan, Amerika Serikat akan menghabiskan dana US$ 12 miliar untuk iklan di tahun ini.

Facebook yang memiliki lebih dari 500 juta pengguna itu berhasil memikat banyak pengiklan, diantaranya Coca Cola Co., JPMorgan Chase & Co serta Adidas AG. Pendapatan iklan jejaring sosial tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan dua tahun lalu dan diperkirakan meningkat 81% di 2011. “Popularitas Facebook yang begitu besar, terkait jumlah pengguna dan lama waktu yang dihabiskan pengguna untuk mengakses situs tersebut, menciptakan sejumlah tayangan iklan dalam bentuk spanduk yang unik,” kata analis eMarketer, David Hallerman.

Total belanja iklan Facebook mencapai US$ 4,05 miliar di 2011, lebih dari dua kali lipat angka di 2010, tulis laporan eMarketer. Di sisi lain, Google Inc, diproyeksikan mengalami peningkatan penjualan iklan di AS mencapai 34% di 2011 dan meraup pangsa pasar 9,3%. Bisnis iklan Google lebih menguntungkan dari Facebook karena mereka merupakan mesin pencari terbesar dan dapat melakukan penyesuaian iklan berdasarkan kata kunci pencarian yang dilakukan pengguna, kata Benjamin Edelman, asisten profesor di Harvard Business School, Boston.

Saya terus berpikir bahwa Google telah melampaui iklan waralaba dengan menjangkau konteks dan informasi yang tepat. Google tahu pasti apa yang sedang Anda cari,” kata Edelman lagi. Google yang berbasis di Mountain View, California, diperkirakan meraup keuntungan US$ 12,8 miliar di Amerika Serikat, tahun ini. Total penjualan Google, tidak termasuk pendapatan yang diteruskan ke situs mitra, diklaim mencapai US$ 27,7 miliar tahun ini, berdasarkan estimasi 29 analis oleh Bloomberg.

Di lain pihak, Microsoft Corp yang memiliki mesin pencari Bing hanya memiliki pangsa pasar 4,9% di ranah penigklanan AS. Perusahaan berbasis di Redmond, Washington itu diproyeksikan memiliki total penjaulan US$ 69.9 miliar tahun ini.

Leave a Reply

1 thought on “Facebook Lampaui Yahoo di Dunia Iklan Web”

terima kasih atas infonya
by Kaos Jorge Lorenzo, 29 Apr 2015, 13:23
facebook mengalahkan yahoo.. aktivitas fb tinggi
by Iklan fb, 27 Dec 2014, 12:33

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)