Facebook Luncurkan Fitur Pencegah Bunuh Diri

Facebook meluncurkan fitur pencegahan bunuh diri. Fitur tersebut memungkinkan konsumen terhubung langsung melalui chat online dengan konselor yang mungkin membantu masalah kejiwaan konsumen.

 

Tak hanya itu, teman-teman di Facebook dapat melaporkan perilaku bunuh diri dengan klik report option yang berad di samping konten Facebook. Selanjutnya, pengguna Facebook dapat memilih konten bunuh diri di bawah pilihan perilaku berbahaya, ujar juru bicara Facebook, Frederic Wolens. Selanjutnya, pihak Facebook akan mengirim email kepada pengguna yang sedang 'bermasalah' tersebut yang isinya link langsung ke online chat khusus dengan National Suicide Prevention Lifeline.

 

Fitur baru Facebook itu memungkinkan masyarakat yang tidak nyaman untuk mengangkat telepon dalam mencari bantuan. “Ini merupakan perkembangan alami dari sesuatu yang kami kerjakan dalam waktu yang lama,” kata Wolens. Pengguna juga dapat melaporkan perilaku bunuh diri dengan mengunjungi situs Help Center. “Teman yang melaporkan perilaku orang lain terkait bunuh diri juga menerima pesan bahwa kasus tersebut sedang ditangani,” kata Wolens lagi.

 

Facebook, situs jejaring sosial terpopuler, memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Situs yang berada di Palo Alto, California, itu didirkan oleh Mark Zuckerberg pada 2004. Fitur terbaru itu baru bisa digunakan oleh pengguna Facebook di Amerika Serikat dan Kanada. Wolens mengatakan bahwa semua laporan yang masuk di situs tersebut akan tampil secara anonim.

 

Menurut data pemerintah, sekitar 100 juta warga Amerika Serikat bunuh diri setiap hari. Tahun lalu, lebih dari 8 juta remaja Amerika Serikat yang berusia sekitar 18 tahun dilaporkan mengalami masalah serius terkait bunuh diri.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)