Facebook Messenger Mungkin Singkirkan SMS

Facebook memamerkan aplikasi seluler baru bagi pengguna smartphone yang hanya bisa melakukan satu hal yaitu berkirim pesan. Aplikasi yang bisa digunakan bagi ponsel Android dan iPhone ini merupakan fitur tersendiri yang dapat memungkinkan pengguna berkirim pesan ke teman Facebook atau jenis kontak apapun di daftar phonebook via seluler.

Semua pesan pengguna, untuk teman Facebook ataupun kontak phonebook, akan disimpan di layar antarmuka Facebook dan dapat diakses via web ataupun aplikasi Messenger. Layanan ini memungkinkan pengiriman pesan ke satu orang ataupun group chat untuk berbagai kepentingan. Karena itu, Anda tidak lagi harus memilih antara berkirim SMS, mengirim pesan Facebook atau chatting. Dengan aplikasi ini, semua kebutuhan dapat dilakukan dengan satu pesan.

Berdasarkan keterangan blog resmi Facebook, layanan tersebut muncul terkait kecepatan dan efektivitas yang ingin diberikan kepada pengguna. “Messenger merupakan aplikasi yang terpisah. Karena itu, fitur tersebut hanya membutuhkan satu kali klik untuk mengirim pesan ataupun mendapatkan pesan. Pesan dapat muncul dalam bentuk notifikasi dan teks sehingga teman Anda dapat mengaksesnya kapanpun.”

Berdasarkan keterangan ZDNET, aplikasi ini merupakan hasil akusisi Facebook atas layanan pesan mirip Twitter, Beluga, pada Maret 2011. Ini merupakan bentuk komunikasi terbaru Facebook. Sebelumnya, di awal Juli 2011, Facebook mengumumkan kerja sama dengan Skype yang memungkinkan video chat dan group chat via Facebook. Meskipun belum ada aplikasi resmi untuk iPad, rencana terbaru dari jejaring sosial yang dipimpin Mark Zuckerberg itu menunjukkan medium baru bagi penggunaan layanan jejaring sosial.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)