First Media dan Cisco Tawarkan Akses Nirkabel Multifungsi

Pt First Media Tbk, penyedia layanan pita lebar dan televisi kabel, bekerja sama dengan Cisco untuk menawarkan layanan pita lebar premium berkoneksi cepat. Memanfaatkan router Linksys dari Cisco, satu layanan First Media dapat digunakan pada beberapa perangkat menggunakan jaringan nirkabel.

Kerja sama ini menguntungkan kedua perusahaan sekaligus konsumen yang membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi. Kami memang menargetkan konsumen yang membutuhkan internet nirkabel di rumah-rumah. Dengan router dari Cisco, satu rumah bisa menggunakan satu layanan First Media untuk berbagai perangkat seperti komputer tablet, PC, televisi, iPod dan lainnya dalam satu waktu,” ujar Direktur Penjualan PT First Media Tbk, Dicky Moechtar. Menurutnya, kebutuhan untuk konsumsi bandwidth meningkat pesat sejak tiga tahun lalu. “Tiga tahun lalu, kami memberikan akses internet bandwidth 30 Mbps. Sekarang, kami menawarkan 12 Gbps.”

Jumlah konsumen turut meningkat. Tiga tahun lalu, pengguna jaringan nirkabel First Media hanya 4 ribu rumah. Tapi hingga data terakhir, pengguna di Jakarta dan Surabaya mencapai 360 ribu pelanggan. “Yang menarik, pengguna Fast Media yang memanfaatkan router hanya 10% dari total pelanggan. Karena itu, bekerja sama dengan Cisco, kami berharap pengguna router mencapai lebih dari 50% total pelanggan,” kata Dicky lagi. First media juga menargetkan peningkatan keuntungan 2011 mencapai lebih dari 50% dibandingkan 2010. Selain itu, First Media berambisi menarik 150 ribu pelanggan baru di 2011.

Koneksi nirkabel W-Fi ganda memungkinkan perangkat apapun mengakses internet bersamaan dengan router Linksys dan Cisco Cable Modem DPC 2100R3. Router tersebut mempercepat jaringan nirkabel dan menghubungkan komputer, printer tanpa kabel, smartphone, dan perangkat wi-fi lain hingga 300 Mbps. “Perkembangan dari perangkat seluler, adopsi pita lebar berkecepatan tinggi dan ketergantungan yang meningkat pada koneksi internet, sudah mengubah gaya hidup masyarakat. Kemudahan akses adalah unsur utama yang ditawarkan oleh produsen,” kata BP Tang, Direktur Penjualan Reguional Asia, Produk Konsumen Cisco.

Pelanggan tidak hanya dapat mengecek email, mencari resep atau browsing di situs jejaring sosial, namun juga dapat menikmati video streaming dengan kualitas tinggi, games online serta mengunduh foto, musik dan film. First Media mengklaim mampu menyediakan akses berkecepatan tinggi yang tidak terputus hingga 20 Mbps dan router Linksys yang menawarkan pengalaman internet di rumah secara instan.

First Media beroperasi di Indonesia sejak 1999. Di awal kemunculannya, First Media (sebelumnya bernama Kabelvision) merupakan penyedia layanan televisi kabel berbayar. Setelah berjalan lebih dari sepuluh tahun, First Media memiliki tiga layanan yaitu FastNet, HomeCable dan DataComm. FastNet merupakan penyelenggara jasa internet melalui jaringan kabel pita lebar, berbeda dengan operator lain yang menggunakan saluran telepon dalam menyediakan akses internet. Karena kabel pita lebar itu harus ditunjang dengan penggunaan fiber optik yang masih jarang digunakan di Indonesia, area Fastnet yang sudah terjangkau saat ini hanya Jabotabek dan Surabaya.

HomeCable merupakan stasiun televisi kabel belangganan yang memanfaatkan teknologi digital dengan memakai standar Digital Video Broadcasting (DVB). Setiap televisi harus mempunyai masing-masing satu dekoder yang berfungsi menerima sinyal dari pusat untuk mengirimkannya kepada televisi yang digunakan untuk HomeCable. Peralatan penerima memakai alat pengubah / converter bermerek Eastern Electronics tipe se-830. Alat tersebut berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal audio analog dan sinyal video analog. Alat pengubah itu juga dilengkapi Smart Card untuk sistem akses dengan kondisi tertentu dari Nagravision. Untuk menghubungkan nya dengan TV, alat itu memanfaatkan konektor RCA atau S-Video. Pengubah dapat pula dihubungkan ke sistem pengeras suara dengan penghubung SPDIF.

DataComm merupakan layanan data komunikasi untuk korporasi atau bisnis. Layanan ini didukung oleh salah satu jaringan backbone digital serat optik yang paling luas di kawasan metropolitan Jakarta. Layanan itu kini mendukung 303 sambungan jaringan yang disewakan kepada hampir 200 pelanggan di sektor perbankan dan jasa keuangan. Firs Media juga merupakan penyedia tunggal layanan data komunikasi bagi sistem JATS Remote Trading Bursa Efek Indonesia yang memungkinkan pialang saham melakukan perdagangan saham secara remoter dari kantor masing-masing via jaringan serat optik.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)