Fleming: Jangan Sepelekan Kepuasan Pegawai!

Seringkali, perusahaan menyederhanakan tingkat kinerja pegawai dengan seberapa besar perusahaan memberikan kompensasi kepada pegawai, baik gaji maupun tunjangan. Namun, perusahaan tidak boleh 'menutup mata' hanya memikirkan cara memuaskan konsumen. Cobalah untuk memuaskan kebutuhan pegawai.

 

Pernyataan tersebut diungkapkan Principal sekaligus Chief Scientist Gallup Consulting, John H. Fleming. Ia merupakan salah satu penulis buku 'Human Sigma: Managing the Employee-Customer Encounter' serta menerbitkan lebih dari 20 artikel penelitian di berbagai jurnal pendidikan. “Krisis 2008 masih membayangi kita terkait guncangan ekonomi. Dalam kacamata psikologi ekonomi, krisis tersebut menekankan betapa sumber daya manusia, sebagai pelaku ekonomi, harus memiliki manajemen yang baik.”

 

Menurut Fleming, banyak pebisnis yang cenderung memikirkan cara bagaimana memuaskan konsumen, selaku 'ladang' keuntungan. Sayangnya, tidak memberikan kesempatan bagi pegawai untuk 'puas dan nyaman' dalam lingkup profesional. Padahal, kinerja pegawai sangat berperan dalam meningkatkan profit maupun pertumbuhan perusahaan. “Studi menunjukkan, perusahaan yang memikirkan cara memuaskan pegawai secara profesional jauh lebih berkembang dari perusahaan yang hanya memikirkan kepuasan konsumen,” tegas Fleming.

 

 

Ada tiga hal yang membuat kualitas perusahaan terhambat akibat manajemen sumber daya manusia di perusahaan yang tidak diatur dengan baik. Pertama, berdasarkan studi yang dilakukan Fleming, sekitar 30% pegawai tidak tahu apa yang mereka kerjakan. Padahal, agar proporsi perkerjaan dapat diukur dan dinilai dengan baik, perusahaan maupun pegawai harus mengetahui secara terperinci tanggung jawab masing-masing. “Sayangnya, banyak pegawai yang tidak tahu apa yang mereka kerjakan dan apa yang menjadi tanggung jawab mereka. Jika mereka (pegawai) tidak tahu apa yang harus mereka lakukan lalu bagaimana mungkin perusahaan dapat berjalan optimal dan efektif?”

 

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)