G-Resources Gandeng Antam di Penyulingan Emas

G-Resources Group Limited melalui anak usaha perseroan PT Agincourt Resources yang mengoperasikan tambang emas Martabe, menandatangani perjanjian dengan PT Antam, Tbk. melalui unit bisnisnya, Logam Mulia, untuk melakukan penyulingan (proses pemurnian) emas dan perak.

Logam Mulia telah terakreditasi oleh London Bullion Market Association dan menyediakan layanan penyulingan untuk sejumlah perusahaan pertambangan emas yang beroperasi di Indonesia. Agincourt akan mengirimkan campuran emas perak dalam bentuk batangan yang diproduksi di Proyek Martabe ke Logam Mulia untuk disuling menjadi emas dan perak dengan kemurnian tinggi dan kemudian dijual di pasar logam mulia internasional. Peraturan LBMA untuk emas mengharuskan batangan berkualitas baik minimal 995 bagian per 1.000 emas murni, dengan 999,9 sebagai kualitas tertinggi.

G-Resources berambisi menjadi perusahaan pemimpin pertambangan emas multinasional yang berfokus di Asia. Proyek Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Propinsi Sumatera Utara. Proyek ini didirikan di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("COW") yang ditandatangani April 1997. Aset awal utama G-Resources saat ini adalah Martabe yang memiliki sumberdaya 7,46 juta oz emas dan 72,60 juta oz perak. Sedang dalam proses konstruksi, Martabe ditargetkan untuk memulai produksi di kuartal pertama tahun 2012 dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 oz emas dan 2-3 juta oz perak berbiaya rendah senilai kurang dari US$ 250 per oz emas.

Lebih dari seribu limaratus orang saat ini bekerja di proyek Martabe, 70% direkrut dari masyarakat di sepuluh desa di lingkar tambang. Proyek Martabe mendapat dukungan kuat dari pemerintah pusat, propinsi, dan daerah serta masyarakat di Batang Toru dan sekitarnya. G-Resources berkembang pesat dengan target produksi lebih dari satu juta ons emas per tahun yang dilakukan melalui eksplorasi di wilayah Kontrak Karya seluas 1.639 km2 dan sangat prospektif serta melalui akuisisi aset emas berkualitas lainnya. Martabe akan menjadi standar acuan bagi G-Resources untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dan di wilayah lainnya, dan terus bertumbuh dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja, kelestarian lingkungan, dan pengembangan komunitas.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)