Gara-gara Microsoft, eBay Untung US$ 1,4 Miliar

EBay Inc mengklaim berhasil memperoleh keuntungan lebih dari 50% dari investasi sebesar US$ 2,6 miliar yang mereka berikan ke Skype Technologies SA, enam tahun lalu. Ini terkait Micorosoft yang membeli situs video call gratis, Skype.

Dengan penjualan ini, kami menyadari adanya keuntungan senilai US$1,4 miliar dari investasi awal kami di Skype,” ujar John Pluhowski, juru bicara Ebay, perusahaan yang berbasis di San Jose, California, Amerika Serikat.

Microsoft setuju membeli Skype, layanan panggilan video via internet terpopuler di dunia, dengan harga US$ 8,5 miliar dari investor yang dipimpin oleh perusahan ekuitas swasta Silver Lake. Keputusan tersebut terkait ambisi Microsoft untuk menarik lebih banyak pelanggan serta bersaing ketat dengan Google Inc dalam ranah pengiklanan via internet. Sebelum penawaran tersebut, Skype sempat mengumumkan keinginan mereka untuk menggelar penawaran umum perdana.

Keputusan tersebut menandakan, untuk kedua kalinya, Skype yang didirikan pada 2003, akan menjadi bagian dari sebuah induk perusahaan. Dimiliki sebelumnya oleh Ebay, Skype diklaim memungkinkan perusahaan meningkatkan jumlah penjualan dengan memungkinkan penjual dan pembeli di situs lelang berbicara secara gratis via Skype. Dua tahun lalu, Ebay mengumumkan nilai Skype setidaknya US$ 900 juta.

CEO Ebay John Donahoe sempat mengatakan pada 2009, 70% investor Skype memungkinkan valuasi situs mencapai US$ 2,75 miliar.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)