Gartner Potong Proyeksi Penjualan PC 2011

Pengapalan komputer secara global di 2011 diperkirakan tidak sebanyak yang diprediksi sebelumnya. Meskipun pertumbuhan teknologi berkembang pesat namun masyarakat kini mulai mengetatkan jumlah pengeluaran mereka.

Pernyatan tersebut diungkapkan lembaga penelitian Gartner Inc. Pengapalan komputer diperkirakan naik 3,8% menjadi 364 juta unit di 2011, berbanding dengan proyeksi sebelumnya yaitu naik 9,3%. Selain itu menurut data perusahaan yang berbasis di Stamford, Connecticut itu, pengapalan komputer akan naik 10,9% di 2012, berbanding dengan perkiraan sebelumnya yaitu 12,8%.

Meningkatnya sikap pesimis atas prospek ekonomi menyebabkan sentimen konsumen dan pebisnis semakin buruk,” ujar Direktur Penelitian Gartner, Ranjit Atwal. Konsumen berusia muda, di sisi lain, mulai tidak tertarik untuk membeli komputer sebagai perangkat utama. Mereka cenderung memilih perangkat tablet atau seluler. Fenomena itu pun turut menjadi alasan Hewlett-Packard mungkin menjual atau memecah divisi personal computer (PC) mereka, ujar George Shiffler, yang juga Direktur Riset di Gartner.

CEO Hewlett-Packard Co (HP), Leo Apotheker, sempat mengumumkan strategi terbesar perusahaan yaitu memecah divisi bisnis PC dan semakin 'menyelam' di ranah bisnis perangkat lunak dengan membeli Autonomy Corp senilai US$ 10,2 miliar. Apotheker, 57 tahun, berjanji memperluas bisnis kompuasi awan untuk menantang Oracle Corp dan Business Machines Corp (IBM) dalam produk yang ditujukan kepada korporasi. Bisnis perangkat lunak memang meraup margin operasional 19% di kuartal terakhir, lebih dari tiga kali lipat unit PC.

Di sisi lain, perangkat tablet semakin laku keras sehingga cukup menggiurkan bagi para produsen produk teknologi. Bahkan, Google membeli Motorola Mobility Holdings Inc dengan harga US$ 12,5 miliar. Inilah akuisisi terbesar yang dilakukan Google sebagai cara memperluas cengkraman perusahaan di bisnis hardware dan paten di ranah smartphone. Produsen sistem operasi untuk smartphone, Android, ini memang tidak tanggung-tanggung untuk bersaing dengan Apple, produsen iPhone dan iPad.

Tags:
Gartner Pasar PC

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)