Garuda Gandeng Telkomsel untuk Layanan GA-SM

Kelak, akses layanan informasi tentang Garuda Indonesia tersebut akan bertambah melalui web site. Bahkan, perangkat medium komunikasi dan informasi tersebut akan terus ditingkatkan menjadi sarana transaksi, baik dalam bentuk SMS booking, internet booking, on line payment dan lain-lain. “Kerjasama ini merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan, baik bagi pelanggan korporasi maupun retail, sesuai dengan kebutuhannya. Dan yang penting lagi bahwa kerjasama ini memberi manfaat ganda: yakni tidak hanya bagi Garuda Indonesia dan Telkomsel saja, namun juga bagi para pengguna jasa kedua perusahaan ini," ujar VP Corporate Account Telkomsel Primadi K. Putra.

Layanan GA-SMS (42767) ini mencakup dua bentuk layanan: layanan “Pull” dan layanan “Push”. Layanan “Pull” merupakan layanan permintaan informasi melalui SMS dari pengguna Telkomsel ke server aplikasi SMS Garuda Indonesia. Server aplikasi SMS Garuda akan mengirimkan jawaban sesuai dengan permintaan informasi yang diinginkan oleh pengirim SMS tersebut.

Melalui layanan “Pull” ini para pelanggan Telkomsel dapat mengakses informasi tentang penerbangan Garuda. Misalnya, status pembukuan (booking status), jadwal penerbangan (flight schedule), termasuk jadwal keberangkatan (departure time) dan jadwal kedatangan (arrival time). Bahkan melalui layanan ini, para anggota Garuda Indonesia Frequent Flyer (GFF) juga dapat mengakses informasi mengenai saldo mileage yang dimilikinya, besaran mileage yang dibutuhkan jika ingin menukarkan “reward point” (mileage) menjadi tiket atau “class upgrade” pada suatu sektor penerbangan (redemption point), informasi tentang mileage yang diperoleh jika menerbangi suatu rute/sektor (accrual point) dan lain-lain.

Sementara itu, layanan “Push” merupakan layanan pengiriman informasi dari server aplikasi SMS Garuda kepada para pengguna jasa Garuda, termasuk anggota GFF. Informasi yang disampaikan tersebut antara lain pemberitahuan perubahan atau pembatalan penerbangan, “greeting service” bagi para anggota GFF dan lain-lain. Bahkan, para “travel agent” akan memperoleh kiriman informasi-informasi sesuai butuhan mereka dalam kegiatan bisnis tersebut, misalnya informasi tentang penerbitan “Recommended Selling Price” (RSP), Garuda News dan lain-lain.

“Kami berharap layanan ini akan semakin memudahkan dan memuaskan pelanggan Garuda Indonesia”, kata Kepala Sistem Informasi Garuda Widjaya Hadinukerto. Sebelumnya, kerjasama layanan GA-SMS ini telah dilaksanakan Garuda dengan Satelindo. Layanan GA-SMS ini nantinya juga akan diperluas dengan seluruh operator seluler GSM, sehingga mampu menjangkau para pengguna ponsel di Indonesia.

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)