Garuda Tetapkan Makassar sebagai Pusat Distribusi Wilayah Timur

PT Garuda Indonesia kemarin menetapkan kota Makassar sebagai “Pusat Distribusi (hub)” untuk wilayah Indonesia Timur. Penetapan Makassar sebagai hub Garuda merupakan bagian dari program pengembangan jaringan (network) dan rute penerbangan Garuda khususnya di wilayah timur Indonesia. Dengan penetapan ini, maka selanjutnya dari Makassar, Garuda akan melayani penerbangan ke tiga belas kota tujuan di domestik dan internasional yaitu Ambon, Balikpapan, Biak, Denpasar, Jakarta, Jayapura, Palu, Surabaya, Gorontalo, Manado, Ternate, Timika dan Singapura.

Peresmian Makassar sebagai hub tersebut dilaksanakan di Makassar secara bersama – sama oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bhakti, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar dalam kesempatan acara makan malam bersama di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan pada Selasa Malam (31/05) kemarin.

Mengingat kota Makassar tumbuh sangat cepat sebagai kota bisnis dan posisi Makassar yang sangat strategis dikawasan Indonesia Timur, maka hari ini Garuda membuka Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur, untuk meningkatkan mobilitas masyarakat di kawasan ini bagi peningkatan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat”, kata Emir.

Selain itu, lanjut Emir, peresmian Makassar sebagai hub ketiga Garuda setelah Jakarta dan Denpasar juga dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah yaitu “Master Plan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011 – 2025, khususnya Koridor Ekonomi Sulawesi yang dicanangkan sebagai Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Pertanian, perkebunan, Perikanan, dan pertambangan Nikel nasional.

Mengingat Koridor Ekonomi Sulawesi disiapkan menjadi garis depan ekonomi nasional terhadap pasar Asia Timur, Australia dan Amerika, maka saat ini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan Makassar,” tambah Emir, sapaan akrab Emirsyah. Untuk menunjang pengembangan Makassar sebagai kota bisnis di masa mendatang, Garuda juga membuka rute penerbangan dari Makassar ke beberapa kota bisnis lainnya seperti Singapura dan Balikpapan. Ke depan Garuda juga akan membuka Medan sebagai hub untuk kawasan Sumatera dan sekitarnya.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar di kesempatan yang sama menyampaikan bahwa program Garuda menjadikan Makassar sebagai hub di wilayah Indonesia Timur saat ini merupakan momentum yang sangat tepat. “ Presiden juga menyampaikan misi besar pemerintah dalam lima tahun mendatang adalah melakukan “debottlenecking”, percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional. Dengan penetapan ini maka kerjasama koordinasi antara pemerintah, dunia usaha dan BUMN akan semakin baik dalam mengejar target pertumbuhan nasional sesuai Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011 – 2025,” Mustafa menjelaskan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)