GarudaFood Gandeng SBF

Untuk mewujudkan target perusahaan 2015, GarudaFood melakukan kerja sama dengan Suntory Beverage & Food Limited (SBF) untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di industri minuman nonalkohol. SBF merupakan salah satu divisi dari Suntory Group.

Pernyataan tersebt diungkapkan CEO GarudaFood, Sudhamek AWS. Suntory Group yang memproduksi produk bermerek Suntory Oolong tea, Boss dan Orangina itu merupakan perusahaan minuman terbesar kedua di Jepang yang memiliki total penjualan sebesar Rp 183 Triliun (1.7 Triliun Yen) di tahun 2010, dengan Global network meliputi Asia, Amerika, Eropa, Australia dan Selandia Baru.

Suntory Group, yang memperoleh peringkat AA dari JCR (Japanese Credit Rating) dan A3 dari Moody’s ini, telah bertekad menjadikan Indonesia sebagai salah satu production base mereka di Asia Tenggara. Sementara itu, SBF telah mencanangkan target menjadi yang terdepan di industri minuman di Indonesia. Kerjasama ini dilakukan dengan struktur kepemilikan 51% oleh SBF dan sebesar 49% oleh GarudaFood.

Keputusan untuk memilih SBF sebagai mitra dengan struktur kepemilikan saham seperti itu, dilakukan oleh GarudaFood dengan beberapa pertimbangan. Pertama, salah satu strategi pertumbuhan GarudaFood untuk mewujudkan Visi dan Goal 2015 adalah melalui Strategic Partnership. Kedua, dicap sebagai 'raja snack' membuat GarudaFood termasuk pendatang baru di bisnis minman.

Selain itu, SBF merupakan mitra strategis yang benar-benar memahami bisnis minuman nonalkohol sehingga dapat diandalkan bagi pertumbuhan bisnis GarudaFood (utamanya di industri minuman), di masa mendatang baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di sisi lain, GarudaFood memiliki divisi makanan dan minuman yang didukung oleh SNS (Sinar Niaga Sejahtera) sebagai divisi ditribusi dengan wilayah jangkauan dari Aceh hingga Papua.

Saat ini, merek-merek andalan dari produk makanan GarudaFood yang telah memimpin pasar adalah 'Garuda' untuk kategori kacang, 'Gery' untuk kategori wafer cream dan 'Chocolatos' untuk kategori wafer stick premium. Sedangkan untuk produk andalan dari divisi minuman GarudaFood, yaitu, merek 'Okky' untuk kategori minuman berbasis jelly dan 'Mountea' untuk kategori minuman berbasis teh.

--

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)