Gita Wiryawan: Daya Saing Indonesia Meningkat Tahun Ini | SWA.co.id

Gita Wiryawan: Daya Saing Indonesia Meningkat Tahun Ini

Microsoft bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM) dan Modernisator, menggelar acara Modernisator Speaker Forum tentang upaya mempromosikan daya saing nasional sebagai upaya mencapai visi Indonesia tahun 2025. Forum ini menaruh perhatian pentingnya memacu daya Indonesia untuk bergerak menuju perdagangan bebas sebagai hasil dari meningkatnya persaingan global dan pertumbuhan perekonomian nasional.

Sebagai salah satu pasar berkembang di Asia Pasifik, Indonesia berada di posisi yang tepat dalam meningkatkan daya saing nasional dan mengubah cara bersaing dalam skala global di kancah internasional, khususnya dunia cloud computing. Untuk meningkatkan daya saing dan produktivits, Indonesia harus memiliki fokus mendasar dalam hal pendidikan dan kapasitas untuk inovasi. “Dalam hal ini, peran teknologi sangat penting untuk mendorong daya saing nasional yang akan menggerakkan ekonomi,” ungkap Orlando Ayala, Microsoft Corporation’s Chairman of Emerging Markets and Chief Advisor to the Chief Operating Officer.

Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-44 dari 139 berdasarkan laporan World Economic Forum dalam The Global Competitiveness Report 2010-2011. Namun, masih ada ruang untuk perbaikan di beberapa area, khususnya di bidang infrastruktur, situasi kesehatan, dan kesiapan teknologi.

Peran Industri ICT sebagai pendorong penting dari pertumbuhan dan daya saing akan membuka peluang besar bagi kemajuan dan akan membantu Indonesia berubah menjadi masyarakat berbasis pengetahuan dengan kemajuan ekonomi yang didorong inovasi.

Inovasi adalah kunc. Dan kapasitas untuk inovasi di Asia Pasifik telah berkembang pesat bila dilihat dari pengeluaran R&D dan ketersediaan sumber daya manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknik. Dengan demikian, sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi di kawasan ini, sangat penting bagi Indonesia untuk memiliki agenda nasional yang jelas untuk pembangunan ekonomi yang menggarisbawahi pentingnya pemerintah menempatkan ICT sebagai penggerak ekonomi dan pilar pembangun untuk daya saing nasional.

Sesuai dengan agenda nasional, Indonesia berencana untuk mencapai visi tahun 2025 dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Saat ini merupakan tahap kedua RPJM, yaitu menetapkan penataan kembali kemajemukan Indonesia, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kapasitas dan teknologi dan memperkuat daya saing ekonom. Setelah lingkungan ekonomi makro ditetapkan sebagai dasar yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi, manfaat teknologi untuk usaha kecil dan menengah serta perusahaan pun menjadi semakin jelas.

Kepala BKPM Gita Wirjawan, mengatakan, daya saing Indonesia) akan meningkat tahun ini. "Indonesia, negara terbesar di Asia Tenggara, telah berkomitmen untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi investor dalam dan luar negeri," ujarnya. Indonesia menawarkan banyak keuntungan dalam menarik investasi asing, termasuk sumber daya alam yang melimpah, jumlah konsumen yang besar, stabilitas fiskal dan moneter serta keadaan dasar ekonomi.

Pemerintah saat ini mengambil keuntungan dari perkembangan teknologi untuk memberikan layanan serta informasi dengan lebih efisien, transparan dan kolaboratif – mulai dari internet dan perangkat mobile yang inovatif hingga jejaring sosial dan cloud computing. Evolusi teknologi ini didorong oleh keinginan kuat dalam hal keterbukaan yang datang berdasarkan fakta bahwa dunia bisnis dan pemerintah kini memiliki kebutuhan yang beragam dan kompleks, dimana tidak ada satu pun perusahaan TI yang dapat mengatasinya sendiri.

Indonesia memiliki kesempatan besar untuk terus memajukan local software economy dengan meningkatkan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang telah mendorong sektor kreasi lokal. Tanpa diragukan, dengan lingkungan HKI yang positif, hal ini akan menempatkan Indonesia di posisi yang baik dalam memajukan investasi dan menarik lebih banyak lagi investasi asing.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)