GM Kalahkan Toyota

Penjualan mobil General Motors Co (GM) melampaui Toyota Motor Corp secara global dalam kurun semester pertama di 2011 sehingga membuat GM menjadi raja di pasar ini. Toyota kalah karena gempa Jepang, Maret lalu, mengganggu sistem produksi mereka.

Penjualan GM naik 8,9% menjadi 4, 536 juta unit di semester pertama yang berakhir pada 30 Juni 2011, ungkap perusahaan yang berbasis di Detroit ini. Jumlah tersebut brbanding dengan Volkswagen AG yang berada di posisi kedua dengan penjualan 4,13 juta unit dan 3,71 unit pada Toyota, termasuk mobil mewah Lexus dan afiliasi Faihatsu Motor Co dan Hino Motors Ltd.

Output di Toyota City, produsen mobil berbasis di Jepang, turun 23% menjadi 3,37 juta unit di semester pertama setelah perusahaan menghentikan produksi mereka akibat gempa besar dan tsunami pada 9 Maret. Toyota berharap dapat mulai memasuki tahap pemulihan produksi pada September mendatang. Satu bulan lebih awal dari pengumuman sebelumnya.

Meskipun Toyota sudah memperbaiki sistem produksi, mereka butuh beberapa bulan tambahan untuk benar-benar memulihkan kondisi penjualan. Apalagi, mereka juga butuh waktu untuk mengirim kendaraan ke dealer,” kata analis Carnorama, Takeshi Miyao. “Penjualan Toyota mungkin berada di belakang Volkswagen dalam kurun setahun.”

Penjualan GM di Amerika Serikat naik menjadi 669.065 kendaraan pada kuartal kedua, menurut penelitian Autodata Corp. Chevrolet Cruze menjadi mobil dengan penjualan tertinggi di pasar pada Juni dan Chevy Silverado tetap menjadi kendaraan full-size pickup kedua terbesar setelah lini F-Series dari Ford Motor Co.

Hyundai Motor Co, produsen terbesar di Korea Selatan, mengalami peningkatan penjualan sebesar 11% dengan 1,96 juta unit. Saham Toyota turun 3,8% menjadi 3.020 yen pada 11:30 pagi, waktu setempat, di Bursa Saham Tokyo.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)