Gojek dan Pemkot Denpasar Bersinergi, Ajak Masyarakat Belanja di Pasar Rakyat

Mitra Gojek Belanja di Pasar untuk Pelanggannya

Sejalan dengan upaya Pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar dan Gojek berkolaborasi  mengajak masyarakat berbelanja di pasar-pasar rakyat dengan menggunakan layanan GoShop, layanan Gojek untuk membeli berbagai kebutuhan dari lokasi mana pun di seluruh Indonesia ini.

Mulai minggu lalu layanan ini telah dikomunikasikan di Pasar Badung dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Oleh karena itu beberapa pasar rakyat lainnya turut mengikuti langkah serupa seperti di Pasar Kumbasari, Pasar Kreneng, Pasar Sanglah, Pasar Pidada, Pasar Anyarsari, Pasar Satria, Pasar Ketapian, Pasar Abiantimbul, Pasar Cokroaminoto, dan Pasar Gunung Agung. Total  11 pasar di Denpasar sudah memanfaatkan layanan ini.

Protokol terhadap penyebaran pandemi COVID-19 tetap dikedepankan dengan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di pasar, menerapkan jaga jarak sosial (social distancing) serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek.

”Sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Denpasar untuk menanggulangi penyebaran pandemi COVID-19, kami melakukan berbagai inisiatif dan terobosan sehingga perputaran ekonomi masyarakat harus tetap berjalan dengan cara yang sehat dan cerdas. Salah satunya bekerjasama dengan Gojek dengan layanan GoShop-nya yang telah kami lakukan di Pasar Badung Kota Denpasar minggu lalu. Mengingat animo masyarakat yang baik, Pemkot Denpasar terus mendorong masyarakat untuk berbelanja di pasar-pasar rakyat lainnya di kota Denpasar dan sekitarnya agar denyut kehidupan dan ekonomi masyarakat dapat tetap berjalan. Selain tetap melayani dengan go green, layanan GoShop ini juga menjadi solusi agar masyarakat dapat tetap aman berbelanja #dirumahaja," ungkap IB Rai Dharmawijaya Mantra , Walikota Denpasar, seraya menambahkan, "Solusi melalui teknologi semacam ini sejalan dengan semangat 'Sewaka Dharma' yang berarti, melayani adalah kewajiban”.

Sementara itu IB Kompyang Wiranata, Dirut PD Pasar Kota Denpasar, menyatakan,  ”Pasar rakyat merupakan salah satu urat nadi masyarakat, khususnya dalam menopang roda ekonomi. Terlebih di saat yang penuh tantangan ini, dimana masyarakat tetap harus membeli kebutuhan bahan pokoknya dan pedagang dapat terus menjajakan barang dagangannya. Beruntung pasar rakyat di Kota Denpasar telah bertransformasi menjadi pasar modern sehingga solusi berbelanja dengan menggunakan GoShop menjadi salah satu alternatifnya. Kondisi ini menjadi hal sangat positif untuk eksistensi pasar rakyat, selain ada interaksi tawarmenawar, kedepan juga bisa belanja melalui online.  Masyarakat dapat tetap#dirumahaja dan para pedagang dapat berjualan dengan dibantu oleh mitra Gojek dengan tetap mengedepankan keamanan & kenyamanan”.

Dalam situasi yang penuh tantangan ini, GoShop menjalankan perannya untuk meningkatkan keselamatan dengan memastikan layanan ini dapat memfasilitasi jarak aman dan tidak ada kontak fisik secara langsung dan menempuh upaya lebih untuk menjaga produktivitas dan keberlanjutan pendapatan mitra usaha dan mitra driver agar pelanggan tetap #dirumahaja.

”Kami sangat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh Pemkot Denpasar, dalam hal ini PD Pasar Kota bersama dengan Gojek. Layanan GoShop turut membantu memitigasi penyebaran pandemi COVID-19 melalui teknologi dan program kolaboratif. Kami terus mendukung gerakan #dirumahaja untuk menjaga kontak fisik langsung sambil mengemban tanggung jawab menjaga mitra kami seoptimal mungkin agar mereka tetap produktif dan aman”, ungkap  Leo Wibisono - VP, Strategic Regional Head Gojek wilayah Jatim & Bali Nusra.

Disamping prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol penyebaran pandemi COVID-19, Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung (GoFood dan GoShop) dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater untuk bertransaksi dengan Gofood & GoShop. 

"Selain di pasar-pasar rakyat di kota Denpasar, kolaborasi serupa juga mulai dilakukan di pasar rakyat di Kabupaten Tabanan seperti di Pasar Tabanan, Pasar Dauh Pala dan Pasar Kediri sehingga total sudah ada 14 pasar rakyat yang bersinergi," ujar  Leo.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)