Grohe Garap Pasar Indonesia

Perusahaan perlengkapan saniter asal Jerman, Grohe, kini hadir di Indonesia. Sejak akhir tahun lalu, PT Grohe mulai terbentuk, tapi baru disahkan menjadi sebuah PT pada bulan ini.

“Pasar Grohe di Indonesia besar dan kami melihat Indonesia adalah pasar yang menjanjikan dengan jumlah populasi yang besar. Pertumbuhan industri yang besar dan kesadaran konsumen Indonesia akan pentingnya keberadaan kamar mandi sebagai bagian rumah juga mendorong kami mendirikan Grohe Indonesia,” jelas Nishant Grover, Presdir PT Grohe Indonesia.

Grohe sendiri mulai masuk ke pasar Indonesia sejak 20 tahun lalu. Sebelumnya, produk-produk Grohe dijual di Indonesia melalui dealer dan distributor. Menurut Elisa Haryonugroho, Manajer Pemasaran Grohe Indonesia, dengan kehadiran Grohe Indonesia dapat memudahkan para konsumen untuk service dan penggantian spare part jika terjadi kerusakan pada produk Grohe.

“Kami memiliki sekitar 53 showroom yang tersebar di seluruh Indonesia di beberapa kota besar. Jadi memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk kami,” ujar Elisa. Nishant Grover menambahkan showroom yang tersebar di Indonesia didukung oleh tim teknisi yang terlatih, jaminan ketersediaan suku cadang, garansi 10 tahun, dan servis gratis selama periode garansi.

“Tak perlu khawatir jika produk yang dibeli 10 tahun lalu rusak dan ingin diperbaiki, kami masih menyimpan spare partnya meskipun produk tersebut tidak kami produksi lagi. Karena kami membuat persediaan spare part juga untuk produk-produk kami,” terang Nishant Grover.

Tak hanya mendirikan Grohe Indonesia, perusahaan saniter ini juga memperkenalkan teknologi terbarunya, EcoJoy. Teknologi ini sendiri merupakan teknologi hemat air yang mampu mengurangi aliran air hingga 68%. Nishant menjelaskan teknologi EcoJoy ini diterapkan dengan memanfaatkan air dan udara.

“Produk kami ada pengatur temperature suhu air yang diinginkan. Dengan mengatur suhu langsung, dapat mengurangi air yang keluar bila dibandingkan kita harus memutar keran untuk mencari suhu air panas yang tepat,” jelasnya.

Teknologi lain yang dimiliki Grohe tidak hanya EcoJoy. Mereka juga memiliki teknologi lain seperti Grohe Digital, tombol digital untuk menyalakan keran dan shower yang dilengkapi dengan tombol pengatur suhu serta lampu indikasi suhu air; dan Grohe CoolTouch yang merupakan teknologi agar badan keran dan shower aman untuk dipegang meskipun sedang mengeluarkan air panas.

Selain memperkenalkan teknologi yang dimiliki, Grohe juga memperkenalkan produk terbaru mereka, Grohe Spa. Berbagai produk Grohe Spa seperti keran dan shower ini didesain agar konsumen Grohe dapat merasakan sensasi spa setiap saat di rumah mereka sendiri.

Dalam pasar Grohe di Asia, Indonesia berada di peringkat tiga setelah Cina dan India dalam komsumsi Grohe. Nishant menyatakan, pertumbuhan pasar Grohe Indonesia sendiri mencapai 20% hingga 25% tiap tahunnya atau sekitar US$ 114 juta. (Eka Merdekawati K.S.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)