Hemat dengan Opera Terbaru

 

Opera Mini selama ini telah cukup berjaya sebagai browser hemat dan cepat bagi telepon seluler (ponsel). Kini produsennya, Opera Software merilis browser Opera Mini versi 6.5 untuk iPhone, iPad, Blackberry, Symbian S60 dan ponsel Java. Plus, browser Opera Mobile juga sekarang tersedia untuk Symbian S60. Sejak diluncurkan untuk versi Android, sekarang browser ini dapat membuat para pemakai mengetahui berapa banyak data yang dihemat ketika berselancar di Web. Selain penghematan yang diklaim mencapai hampir 90% dari biaya data, Opera Mini membuat anda mampu mengkalkulasi penghematan yang sudah anda capai.

 

Fitur penghitung data, berlokasi di bawah menu “Help” di kedua produk, baik Mini maupun Mobile. Terdapat dua fitur penghitung yang berbeda, satu untuk total pemakaian dan satunya untuk pemakaian sementara. “Ada banyak cara untuk menghemat biaya tagihan ponsel anda dan terhindar dari biaya tagihan ponsel yang membengkak. Penghitung data di Opera Mini dan Opera Mobile adalah salah satu alatnya,” ujar Philip Grønvold, Manajer Produk  untuk Mobile, Opera Software.

 

Keunggulan Opera sendiri diperoleh berkat teknologi kompresi datanya. Terdapat komputer yang berlokasi di daerah dingin seperti Islandia yang memperkecil halaman web sebelum mengirimkannya kembali dengan paket yang lebih kecil, dan oleh karena itu lebih murah, ke ponsel. Jadi, apa perbedaan antara Opera Mini dan Opera Mobile? Dengan Opera Mini, teknologi kompresi yang dapat menghemat data selalu aktif. Hal ini juga membuat ponsel sederhana dapat menikmati halaman web secara utuh. Sementara Opera Mobile memiliki fitur penghemat biaya juga, tetapi disini anda tersedia pilihan untuk mengaktifkan atau non-aktif, membuat browser ini mirip dengan fitur Opera Turbo di browser Opera desktop.


Selain itu terdapat berbagai tips lain yang dirilis Opera untuk menghemat biaya data. Menurut Agnes Agastia, PR Officer Opera Software di Indonesia, kala baterai mulai sekarat, pengguna tinggal mematikan pilihan 3G dan gunakan Opera Mini untuk browsing, “ Nah, jadi hemat baterai dan juga hemat waktu,” kata Agnes.

Saran lainnya, pengguna bisa berhenti berlangganan paket data unlimited dan hemat data dengan tidak mengunduh video. Gantinya, gunakan Opera Mini untuk browsing dibanding menggunakan aplikasi langsung. Sementara bagi anda yang terkena roaming, Agnes menyarankan untuk mematikan penggunaan data sampai anda memerlukannya, dan jika anda memerlukannya, gunakan Opera Mini untuk menghemat sebanyak mungkin data. “ Dan, jangan menonton video dari ponsel,” Agnes kembali mengingatkan.

Untuk memperoleh versi terbaru Opera Mini 6.5, pengguna bisa menyambangi Apple App Store, Android Market dan dapat juga diunduh di m.opera.com untuk Symbian S60, ponsel berbasis Java dan Blackberry. Sementara Opera Mobile tersedia di Android Market dan m.opera.com untuk ponsel Symbian S60.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)