Implementasi Solusi AWS Bantu Efisiensi Biaya IT

Amazon Web Service (AWS) melakukan sejumlah inisiatif untuk mendukung ketangguhan bisnis selama pandemi. Country Manager AWS Indonesia, Gunawan Susanto mengatakan, AWS telah memiliki Disaster Response Team atau Tim Siaga Bencana yang turun ke lapangan dan turut membantu lembaga dari seluruh dunia untuk meringankan dampak yang disebabkan berbagai jenis bencana.

“Dengan kekuatan cloud, inisiatif ini bisa diaplikasikan pada penanganan pandemi COVID-19,” ujarnya. Inisiatif lainnya yaitu AWS Disaster Response Credits. Fitur ini dapat ‘dibelanjakan’ untuk mengakses layanan dan sumber daya yang dibutuhkan oleh pelanggan. Insentif tersebut diberikan secara gratis kepada organisasi di bidang kesehatan, pendidikan, dan lain-lain yang berkaitan dengan COVID-19.

AWS juga menawarkan Amazon Workspace (desktop), Amazon Connect (contact center), Amazon Chime (untuk pertemuan virtual), dan Amazon Workdocs (untuk mengedit dokumen), bekerja dari rumah menjadi mudah, nyaman, dan aman. Layanan berikut dapat digunakan tanpa dikenakan biaya, asal akunnya terdaftar pada Free Tier.

Terakhir, AWS memiliki solusi AWS Diagnostic Development Initiative yang ditujukan pada lembaga riset untuk diagnostika virus COVID-19 lewat teknologi analitika data dan machine learning.

 Selain itu, terdapat pula AWS COVID-19 Data Lake atau bank data yang amat kaya informasi mengenai penyebaran dan karakteristik virus COVID-19 juga dapat diakses publik.

Salah satu pelanggan AWS yang banyak terbantu selama pandemi adalah Simak Online yang didirikan oleh Rizki Akmanda. Simak Online atau yang dikenal juga dengan nama Si Pintar di Provinsi DKI Jakarta merupakan solusi edukasi yang memampukan sekolah negeri maupun swasta untuk berpindah ke intrastruktur online atau daring.

“Kapabilitas auto-scaling dari cloud AWS menjamin bahwa Simak Online dapat scale up saat terjadi lonjakan kebutuhan, seperti pada masa ujian, dan juga scale down ketika kebutuhannya tidak terlalu tinggi agar dapat menghemat biaya. Selain cloud, Simak Online juga menggunakan solusi firewall AWS WAF (Web Application Firewall),” jelas Rizki.

Selain Simak Online, beberapa organisasi yang memanfaatkan AWS yakni HappyFresh, Sociolla dan Halodoc. Rata-rata, solusi yang ditawarkan AWS dapat membantu menekan biaya IT hingga 30%.

CTO dan Co-Founder HappyFresh, Fajar A. Budiprasetyo mengatakan AWS juga membantu HappyFresh menyediakan UX yang bersahabat lewat menyajikan fitur rekomendasi produk, diperkaya dengan teknologi machine learning Amazon SageMaker dari AWS.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)