Incar Nasabah Milenial, PermataBank Syariah Buka Cabang di Al-Azhar

(Kiri-Kanan) Herwin Bustaman, Direktur PermataBank Syariah dan Sobirin selaku Ketua Umum YPI Al-Azhar.

PermataBank Syariah membuka cabang baru di Gedung Universitas Al-Azhar, Jakarta. Dengan konsep model branch, cabang ini dirancang khusus untuk meningkatkan pelayanan perbankan syariah pada nasabah milenial.

Herwin Bustaman, Direktur PermataBank Syariah menyampaikan, cabang baru tersebut dibuat dengan konsep dan tampilan yang modern serta menghadirkan pelayanan perbankan offline (dengan bantuan staf) dan online (self-service) yang didukung dengan berbagai fasilitas yang telah terdigitalisasi melalui teknologi terbaru.

"Target pasar kami adalah milenial, dan kami tahu Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar Indonesia (YPI Al-Azhar) memiliki banyak siswa dari berbagai tingkatan dimulai TK hingga universitas. Maka dari itu kami membuka konsep model branch pertama sehingga menjadikan cabang ini berbeda dengan cabang yang sudah ada," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Dibuka saat adaptasi normal baru, Herwin menegaskan, nasabah yang datang ke cabang baru akan dibantu oleh para staf dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Semua transaksi juga akan diselesaikan secara digital seperti di semua channel online PermataBank yaitu super apps PermataMobile X, API Banking, PermataNet, dan Permata e-bisnis.

"Inilah yang membedakan model branch ini dari cabang digital Bank pada umumnya. Disini nasabah dapat merasakan kecepatan inovasi digital yang seamless tanpa menghilangkan kenyamanan berinteraksi dengan staf customer service jika diperlukan," papar Herwin.

Cabang baru ini diharapkan dapat mengubah persepsi nasabah bahwa produk-produk syariah terbatas. Ia menyebut, berdasarkan penelitian yang dilakukan PermataBank Syariah, hanya ada 6\% nasabah yang ingin mendapatkan layanan syarah, sedangkan 14\% ingin diberikan layanan perbankan konvensional. Sementara itu, 80\% sisanya masih mengambang dalam memilih layanan perbankan.

Dari 80\% tersebut, sebanyak 42\% di antaranya masih mau memilih produk syariah selama jasa dan layanan sama bagusnya dengan perbankan konvensional. Atas dasar itulah, dihadirkan cabang dengan konsep vibrant.

"Diharapkan dengan kerja sama ini akan mengubah persepsi nasabah kami bahwa produk-produk syariah terbatas dalam hal produk dan layanan. Setelah download, fasilitasnya sama dengan konvensional dan cabang yang modern," katanya.

Menurutnya, peluncuran model branch ini juga sejalan dengan pertumbuhan kebutuhan perbankan syariah di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dibuktikan dengan pertumbuhan aset syariah sejak bulan Juli 2019 hingga bulan Juli 2020 sebesar 10\%. Angka ini lebih besar dibanding pertumbuhan perbankan konvensional sebesar 5.7\%.

Laba pun masih tumbuh sebesar 2\% di mana perbankan konvensional terjadi kontraksi sebesar 19\% pada periode yang sama. "Fenomena ini dirasakan juga oleh kami yang mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar Rp 226 miliar pada Juni 2020, tumbuh hampir 52\% dibandingkan periode sebelumnya," terangnya.

Dipilihnya lokasi di Univeritas Al-Azhar bertujuan untuk meningkatkan penetrasi perbankan Syariah di dunia pendidikan. Hal ini merupakan bagian dari kerja sama strategis antara PermataBank dan Yayasan Al-Ahzar Indonesia yang diresmikan beberapa waktu lalu untuk mengoptimalkan layanan perbankan syariah bagi dunia pendidikan.

“Pembukaan ini merupakan salah satu strategi ekpansi dan transformasi cabang PermataBank Syariah yang akan terus berlanjut pada tahun 2020 dan beberapa tahun ke depan," tutur Herwin.

Sobirin selaku Ketua Umum YPI Al-Azhar pun menyambut baik kehadiran branch terbaru dari PermataBank Syariah di kompleks Al-Azhar. "Kami berharap kehadiran branch ini akan membantu kebutuhan perbankan bagi komunitas Al-Azhar dan juga masyarakat sekitar,” harapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)